Kasus Kematian DBD di Cimahi Meningkat, Petugas Intensifkan Pencegahan

Kamis, 18 November 2021 - 18:44 WIB
loading...
Kasus Kematian DBD di Cimahi Meningkat, Petugas Intensifkan Pencegahan
Petugas dari Puskesmas Cimahi, pihak Kelurahan dan Satgas Kelurahan Cimahi, melakukan sosialisasi pencegahan DBD secara mobile langsung ke lingkungan masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
CIMAHI - Meningkatnya kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Cimahi yang hingga kini telah merenggut sebanyak 12 korban jiwa membuat sejumlah pihak waspada.Sebagai upaya pencegahan, petugas dari Puskesmas Cimahi Tengah dan Kelurahan Cimahi, secara mobile melakukan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dengan berkeliling ke lingkungan warga.

"Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat selalu menjaga pola hidup sehat, agar terhindari dari DBD yang saat ini kasusnya sedang meningkat," kata Lurah Cimahi, Tresna Nur Rhamdani, Kamis (18/11/2021).

Menggunakan mobil ambulans dan beberapa kendaraan roda dua, petugas Puksemas dan Kelurahan Cimahi menyerukan informasi dengan menggunakan toa agar masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk mencegah DBD.

Mereka juga menyebar poster dan leaflet terkait bahaya DBD dan pencegahannya. Petugas gabungan berkeliling ke masyarakat, pasar, dan jalan-jalan protokol. Di Pasar Atas dan Pasar Tagog, petugas juga membagikan masker ke pedagang dan pengunjung.

Tresna menyebutkan, langkah sosialisasi ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Wali Kota Cimahi terkait Kesiapsiagaan akibat DBD. Harapannya agar masyarakat selalu menjaga pola hidup yang sehat, karena saat ini masuk musim hujan dimana biasanya ada peningkatan kasus DBD.

Disinggung soal kasus DBD yang terjadi di wilayahnya, dia menyebutkan sempat ada kasus beberapa waktu lalu yang menyerang dua warga. Namun berkat deteksi dini dan penanganan yang cepat, kedua warga tersebut kini sudah sembuh. Lingkungan tempat mereka tinggal pun langsung difogging agar tidak ada nyamuk penyebar DBD.

"Semoga tidak ada lagi warga Cimahi yang menjadi korban akibat DBD, caranya dengan melakukan pencegahan sesuai dengan anjuran pemerintah," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)