210 Warga Bandung Barat Terserang DBD, 1 Meninggal Dunia

Selasa, 02 November 2021 - 20:09 WIB
loading...
210 Warga Bandung Barat Terserang DBD, 1 Meninggal Dunia
Nyamuk demam berdarah. Foto: Istimewa/Pixabay
A A A
BANDUNG BARAT - Sebanyak 210 warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) diserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sepanjang Januari-September 2021. Dari jumlah itu, satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan, KBB, Jajang Mulyana mengatakan, angka tersebut terbilang tinggi, dikarenakan memang KBB termasuk daerah endemik DBD.

"KBB adalah daerah endemis DBD sehingga memang setiap tahunnya selalu muncul kasus. Dari kasus yang muncul kebanyakan terjadi di Puskesmas Tagog Apu dan Padalarang," tuturnya, Selasa (2/11/2021).



Pihaknya berupaya agar kasus yang muncul tidak semakin menyebar dan menimbulkan korban lagi. Termasuk juga melakukan fogging ke sejumlah lingkungan masyarakat. Hanya saja karena kuota terbatas, maka daerah yang difogging adalah yang jadi prioritas.

"Kuota fogging kita di tahun ini hanya untuk 13 lokus saja, makanya yang muncul kasus, jadi prioritas untuk didatangi, supaya tidak menyebar ke daerah lain. Seperti di Desa Tanimulya, Desa Campaka Mekar, Desa Batulayang, Desa Kertamukti, dan Desa Ciburuy," sebutnya.

Menurutnya, hingga saat ini anggaran untuk fogging tersebut sudah terserap seluruhnya. Terakhir fogging dilakukan selama Agustus-Oktober di enam lokus.

Sebelum fogging ada kegiatan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terlebih dahulu oleh Puskesmas. Serta warga juga dianjurkan untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).



Lebih lanjut dikatakannya, yang menjadi kekawatirannya adalah serangan DBD yang masih akan berlanjut hingga akhir tahun nanti. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan dan kemungkinan banyak muncul genangan air yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegepty.

"Masyarakat diminta untuk melakukan gerakan 3 M agar nyamuk aedes aegepty tidak berkembang biak. Jadi masyarakat tidak boleh lengah, walaupun sekarang masih dalam kondisi pandemi COVID-19," pungkasnya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)