Pemprov Sulsel Siapkan Lahan 6,2 Hektare di CPI untuk Pembangunan RS OJK

Rabu, 03 November 2021 - 08:54 WIB
loading...
Pemprov Sulsel Siapkan Lahan 6,2 Hektare di CPI untuk Pembangunan RS OJK
Lahan 6,2 hektare akan dihibahkan ke Kemenkes jika menunjuk Makassar sebagai lokasi pembangunan RS OJK. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) berencana membangun Rumah Sakit (RS) Otak, Jantung, dan Kanker (OJK). Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi yang dilirik.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah pusat punya beberapa rumah sakit besar sebagai rujukan nasional. Hanya saja, rumah sakit tersebut masih terpusat di ibu kota negara di Jakarta.

Makanya, pihaknya berencana membangun rumah sakit rujukan nasional baru. Salah satu yang disasar adalah Kawasan Indonesia Timur. Akan dipilih satu lokasi untuk menjadi rujukan nasional baru untuk masyarakat di daerah timur Indonesia.

“Jadi kita berpikir itu kan jadi rujukan seluruh Indonesia. Kalau penyakit kankernya berat atau penyakit jantungnya berat, kita harus distribusikan itu supaya orang-orang di daerah timur bisa mendapatkan layanan yang sama dengan Jakarta,” ujarnya, saat melakukan kunjungan kerja di Makassar, Selasa (2/11/2021).



Budi menyebut, Kota Makassar, Sulawesi Selatan adalah salah satu yang potensial untuk dibanguni RS OJK. Pertimbangannya, banyak masyarakat dari kawan timur Indonesia yang menjadikan Makassar sebagai tujuan penerbangan.

“Karena itu penyakit-penyakit yang harus sangat cepat. Kasihan kalau teman-teman di timur harus terbang jauh sampai ke jakarta karena kualitasnya. Jadi saya harap ini adalah salah satu alternatif lokasi yang kita lihat,” sebutnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel , Arman Bausat mengemukakan, kehadiran Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ke Makassar salah satunya untuk meninjau lokasi pembangunan RS OJK yang ditawarkan Pemprov Sulsel. Yakni di kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

“Di situ ada rencana hibah tanah Pemprov ke Kemenkes dalam rangka pembangunan RS OJK kalau memang mereka mau. Pemprov mau menawarkan itu karena merupakan pusat rujukan Indonesia timur,” kata dia.

Arman menyebut di kawasan CPI ada lahan milik Pemprov Sulsel seluas 6,2 hektare. Lahan tersebut akan dihibahkan ke Kemenkes jika menunjuk Makassar sebagai lokasi pembangunan RS rujukan nasional di Indonesia Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8030 seconds (0.1#10.140)