Presiden Jokowi Resmikan RS Jantung dan Stroke Pertama di IKN

Rabu, 20 Desember 2023 - 15:16 WIB
loading...
Presiden Jokowi Resmikan RS Jantung dan Stroke Pertama di IKN
Presiden Jokowi meresmikan pembangunan RS khusus jantung dan stroke pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto/Istimewa
A A A
PENAJEM PASER UTARA - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) membangun Rumah Sakit (RS) khusus jantung dan stroke pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN). Peletakan batu pertama pembangunan itu dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi , Rabu (20/12/2023).

RS UPT Kemenkes tersebut dibangun di atas tanah seluas 1.859 hektar, dengan luas gedung 37.500 m2 berkapasitas 250 tempat tidur. Jokowi mengatakan investasi kesehatan di IKN tidak ada batasnya. Dibuktikan banyaknya RS yang dibangun baik negeri maupun swasta.

”Banyak RS yang dibangun di IKN. Swasta ada 3 dan sekarang RS Pemerintah. Saya juga bertanya-tanya kenapa RS banyak dibangun di IKN,” kata Jokowi di IKN, Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (20/12/2023).



Dijelaskan dia pembangunan RS UPT Kenkes dibangun dengan konsep hijau dan tenang untuk pasien yang sakit. ”Pasien akan cepat sembuh, karena suasanya tenang dan hijau. Pemandangannya menenangkan,” ucapnya.

Menurut dia, semua pembangunan di IKN harus berkonsep hijau. Dia tidak akan menyetujui pembangunan yang tidak mengutamakan hutan di IKN. ”Saya sudah tekankan semua pembangun di IKN harus hijau,” ujarnya.



Nantinya, RS ini dibekali dengan pengelolaan sumber air yang menggunakan air hujan dan air daur ulang. Sebagai sanitari dengan energy terbarukan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan pembangunan RS UPT Kemenkes hanya diperuntukkan khusus pasien penderita penyakit jantung dan stroke. ”RS ini dibuka umum. Bagi pengguna BPJS siap memberi layanan terbaik dengan standar internasional," katanya.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Indonesia harus memiliki RS stroke dan jantung bertaraf internasional. Sehingga Warga Negara Indonesia (WNI) tidak perlu lagi ke luar negeri untuk berobat jantung.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)