Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Ingatkan Pemuda Pentingnya Nilai Juang 45

Rabu, 08 September 2021 - 14:08 WIB
loading...
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Ingatkan Pemuda Pentingnya Nilai Juang 45
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, mewakili Wali Kota Sutiaji membuka acara Pembekalan JSN 45 di Kantor DPC Pepabri Kota Malang, Selasa (7/9/2021).
A A A
KOTA MALANG - Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, mewakili Wali Kota Sutiaji membuka sekaligus memberikan sambutan dalam acara Pembekalan Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai Juang (JSN) 45 yang digelar oleh Resimen Mahasiswa Mahasurya Satuan Menwa 836/Macan Putih Universitas Unisma Malang 2021, di Kantor DPC Pepabri Kota Malang, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan yang juga menggandeng Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Malang digelar agar peserta dapat memiliki jiwa nasionalisme dan bela negara yang baik dengan diimbingai sikap waspada terhadap paham radikalisme, sekaligus menanamkan sikap toleran.

Pembekalan digelar secara hybrid dan berlangsung selama tiga hari, mulai 7 hingga 9 September 2021, dan diikuti secara virtual oleh peserta baik mahasiswa dari Kota Malang maupun luar daerah Kota Malang.

Sejalan dengan itu, Wakil Wali Kota Sofyan Edi Jarwoko mengingatkan pentingnya menanamkan nilai-nilai juang, semangat, dan nilai-nilai 45 yang merupakan akumulasi nilai-nilai kejuangan bangsa Indonesia agar seluruh sumber daya memiliki daya tangkal terhadap kemungkinan ancaman dari segala aspek kehidupan.

“Untuk bisa mempertahankan nilai-nilai itu, kegiatan semacam ini menjadi sangat penting, sangat strategis. Apalagi di masa pandemi. Saatnya kita memanfaatkan nilai-nilai itu untuk kepentingan mengatasi persoalan besar, seperti pandemi,” ujar Bung Edi, sapaan akrab Wakil Wali Kota Malang.

Menurutnya, nilai-nilai tersebut dapat diaplikasikan di masa pandemi seperti saat ini. Selama pandemi Covid-19 diperlukan tindakan yang bernilai kepahlawanan. Seperti semangat pantang menyerah, semangat pengorbanan dan mengutamanan kepentingan bangsa. "Sebagai bentuk kecintaan kita pada bangsa untuk bersama-sama menurunkan penyebaran Covid-19,” katanya.

Sofyan Edi turut memberikan apresiasi positif kepada DPC LVRI Kota Malang dan Satmanewa 836/Macan Putih Unisma atas terselenggaranya kegiatan yang konstruktif ini. Menurutnya, ini menjadi upaya bersama dalam meningkatkan jiwa nasional sebagai daya tangkal yang dimiliki bangsa Indonesia guna menghadapi berbagai persoalan dalam konteks kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

“Momentum yang bagus seperti yang dilakukan oleh teman-teman resimen mahasiswa bersama Bapak-Bapak LVRI ini adalah tidak ternilai, tidak bisa diukur dengan materi. Karena ini warisan yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Malang juga berpesan kepada peserta agar pengetahuan dan wawasan yang diperoleh pada pembekalan ini dapat dimanfaatkan dalam pengabdian terbaik bagi organisasi, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Semoga para peserta dapat mewarisi jiwa, semangat, dan, nilai-nilai juang 45 yang sangat luas dan bermanfaat,” ucapnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3179 seconds (0.1#10.140)