Teruji se-Indonesia, Tugu Tirta Nominasi BUMD Terbaik Nasional

Jum'at, 10 September 2021 - 13:19 WIB
loading...
Teruji se-Indonesia, Tugu Tirta Nominasi BUMD Terbaik Nasional
Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan serta peran aktif dan kontribusi di bidang SDM dan industri 4.0, berpotensi meraih penghargaan
A A A
KOTA MALANG - Upaya dan komitmen Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan serta peran aktif dan kontribusi di bidang Sumber Daya Manusia dan industri 4.0, berpotensi menghadirkan satu lagi penghargaan prestisius yang bakal membanggakan Kota Malang di pentas nasional.

Usai mengikuti serangkaian tahap mulai dari paparan hingga penilaian sejak Juli lalu, Tugu Tirta dinominasikan meraih Top BUMD Awards 2021 untuk sejumlah kategori penghargaan, di antaranya untuk Kategori BUMD Perumda Air Minum Terbaik, Top CEO BUMD 2021 serta Top Pembina BUMD 2021.

“Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas achievement (pencapaian), improvement (perbaikan) dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah," ujar M Lutfi Handayani, ketua penyelenggara penghargaan.

Penilaian dilakukan dengan melibatkan profesor, doktor, praktisi, konsultan bisnis, dan tenaga ahli di bidangnya sebagai dewan juri.

“Keberhasilan kinerja BUMD tentu tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan kepala pemerintahannya. Dengan pertimbangan tersebut, dewan juri juga akan menetapkan kepala daerah yang BUMD-nya berprestasi dan berkinerja baik, sebagai Top Pembina BUMD 2021,” katanya.

Dalam paparan di hadapan dewan juri di antaranya Presiden i-OTDA Prof Djohermansyah Djohan, Guru Besar Universitas Padjajaran Prof HM Wahyudin Zarkasy hingga praktisi Melani K Hariman, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas bersama Direktur Teknik Ari Mukti menjelaskan mengenai berbagai inovasi luar biasa Tugu Tirta untuk peningkatan pelayanan air minum Kota Malang.

Dewan Juri penasaran mengapa Tugu Tirta begitu menginspirasi perusahaan daerah air minum lain di Indonesia dan menjadi tempat belajar alias studi banding.

Hal ini terbukti bahwa Perumda Tugu Tirta patut untuk mendapatkan nominasi ini. Tidak hanya pada program-program yang sudah menjadi panutan PDAM se-Indonesia, juga bukan hanya dalam tulisan tapi sudah banyak bukti bahwa keahlian Perumda Tugu Tirta diaplikasi oleh sesama perusahaan air minum.

“Kami memiliki SDM yang berkompeten dan selalu menjadi narasumber/mentor/pengajar di event seminar atau pelatihan SPAM dan IT. Termasuk di antaranya menjadi mentor bagi PDAM se-Tanah Air lewat pengembangan bisnis Training Center dan Technology Information Development,” tutur Muhlas.

Pada kesempatan yang sama dijelaskan mengenai inovasi baru unggulan Tugu Tirta, yakni ‘Si Raja Air’ yang sukses merajai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.

“Si Raja Air adalah Sistem Rekayasa Jaringan Air yang digagas untuk penanganan kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan, tangki bantuan, dan terminal air,” ujar Ari Mukti.

Sebagai informasi, ajang penghargaan ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Melalui kegiatan ini diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional.CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3493 seconds (0.1#10.140)