Tingkatkan Kemampuan Perempuan, Yasmina Dirikan Sekolah Istri Teladan Sawahlunto

Rabu, 01 September 2021 - 15:50 WIB
loading...
A A A
"Saya mengucapkan selamat kepada masyarakat Kota Sawahlunto yang tersebar di setiap desa/kelurahan karena program ini akan meningkatkan pengasuhan berkualitas untuk ketahanan keluarga," tandasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan anak Kota Sawahlunto Efriyanto menambahkan, filosofi diambilnya nama Silo karena di Sawahlunto terdapat 3 Silo (tepat penyimpanan batu bara di masa lalu) yang berdiri kokoh sejajar di pusat Kota Sawahlunto.

Menurut dia, 3 Silo bermakna pada 3 peran istri diantaranyaperan pertama istri adalah istri bagi suami, kedua peran domestik istri dalam pengasuhan anak, ketiga peran sosial istri dalam masyarakat sehingga ketahanan keluarga akan terwujud.

"Istri adalah pondasi utama dalam keluarga untuk tumbuh kembang generasi bangsa, jika pondasinya kuat maka akan menghasilkan generasi yang berkualitas dalam menghadapi berbagai guncangan," timpalnya.

Sementara itu, Ketua GOW Kota Sawahlunto, Eti Zohirin menjelaskan, keluarga memiliki kedudukan yang penting dalam sebuah Negara. Kondisi rata-rata keluarga yang baik merupakan cermin kondisi masyarakat di daerah tersebut.

"Dipilihnya sekolah teladan untuk istri karena istri memiliki berbagai peran penting dalam keluarga, Belum adanya sekolah untuk menjadi istri yang teladan membuat program Silo (Sekolah Istri Teladan Sawahlunto) ini menjadi program unggulan Kota Sawahlunto," pungkasnya.

Baca juga : Kisah Goedang Ransoem, Saksi Bisu saat Belanda Mengeksploitasi Sawahlunto

Rencananya kegiatan SILO akan dilaksanakan di delapan desa di Kota Sawahlunto (Desa Sikalang, Sijantang, Datar Mansiang, Rantiah, Santur, Lumindai, Silungkang Duo, Bukik Gadang) dengan peserta 160 perempuan sudah menikah.
(sms)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)