Tingkatkan Kemampuan Perempuan, Yasmina Dirikan Sekolah Istri Teladan Sawahlunto

Rabu, 01 September 2021 - 15:50 WIB
loading...
Tingkatkan Kemampuan Perempuan, Yasmina Dirikan Sekolah Istri Teladan Sawahlunto
Yasmina Foundation akan menggelar Sekolah Istri Teladan Sawahlunto selama 2021. Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatan pengetahuan dan kemampuan perempuan dalam peran asasi dan peran publik menuju terwujudnya keluarga kokoh. Foto Ist
A A A
SAWAHLUNTO - Yasmina Foundation akan menggelar Sekolah Istri Teladan Sawahlunto selama tahun 2021 ini. Peluncuran sekolah teladan sudah dilakukan pada 26 Juli 2021 lalu dan dihadiri Wali Kota dan Wakil Walikota, Ketua GOW Kota Sawahunto, Dinas PPA Sumatera Barat dan Asdep Kemen PPA.

Direktur Yasmina Foundation Iis Istiqomah menjelaskan, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatan pengetahuan dan kemampuan perempuan di Kota Sawahluntodalam peran asasi dan peran publik menuju terwujudnya keluarga kokoh.

Baca :Sawahlunto Diakui UNESCO, Mulyadi: Harus Jadi Perhatian Internasional

Menurutnya perempuan memiliki kedudukan yang strategis, sebagai istri dan ibu. Sayangnya, walaupun peran istri dan ibu itu penting, sedikit sekali pembekalan yang didapatkan untuk para istri karena masih dianggap sebagai peran yang berjalan secara alamiah.

"SILO atau Sekolah Istri Teladan Sawahlunto adalah sebuah inisiasi program yang sangat baik dalam menguatkan institusi keluarga," kata Iis dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu 1 September 2021.

Menurutnya, tujuan program ini adalah memberikan edukasi kepada para ibu di Kota Sawahlunto agar dapat mengoptimalkan perannya sebagai istri dan ibu sehingga keluarga-keluarga di Sawahlunto dapat menjadi keluarga yang kuat.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menjelaskan, anak merupakan generasi penerus bangsa di masa depan. Permasalahan yang dialami pada anak dimasa pandemi sekarang akan memberikan pengaruh pada kehidupan bangsa. Salah satu faktor penyebab permasalahan yang terjadi pada anak umumnya disebabkan karena kurangnya peran dan fungsi orang tua terutama ibu dalam keluarga.

Di masa pandemi sekarang istri memiliki peran ektra tidak hanya sebagai ibu dan istri bagi suami tetapi juga sebagai guru untuk anak belajar secara daring, sebagai dokter saat anggota keluarga sakit, sebagai manajemen gizi bagi anggota keluarga serta sebagai manajer keuangan dalam keluarga.

Menurutnya, sejalan dengan permasalahan tersebut, dan untuk memastikan generasi penerus bangsa yang berkualitas, maka Program Silo (Sekolah Istri Teladan Sawahlunto) dirasa sangat penting untuk dapat dilaksanakan.

Hal ini berguna agar kasus atau permasalahan yang berkaitan dengan pengasuhan dan pemenuhan hak anak dapat terpenuhi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4643 seconds (0.1#10.140)