Vaksinasi Moderna Dosis Pertama untuk Umum Mulai Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Rabu, 25 Agustus 2021 - 22:05 WIB
loading...
Vaksinasi Moderna Dosis Pertama untuk Umum Mulai Dibuka, Ini Cara Daftarnya
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Vaksinasi massal yang mengunakan vaksin Moderna untuk masyarakat umum mulai dibuka. Kalau sebelumnya vaksin Moderna sudah diberikan pada para tenaga kesehatan (nakes). Pelaksanaan vaksinasi massal dosis pertama Moderna untuk masyarakat umum rencananya dilakukan di Atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya, Kamis (26/8/2021) Besok.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menuturkan, vaksinasi massal dosis pertama itu akan menggunakan vaksin Moderna. Sebelumnya, vaksin Moderna hanya diberikan untuk nakes saja. Kini, masyarakat umum juga bisa mendapatkan vaksin Moderna dosis pertama.

“Ini bukan untuk tenaga kesehatan (nakes), berbeda. Ini yang untuk umum,” kata Eri, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Gubernur Khofifah Siapkan Pengasuhan dan Pendidikan Bagi Anak Yatim Korban COVID-19

Ia melanjutkan, untuk bisa mendapatkan vaksin Moderna dosis pertama, masyarakat diwajibkan mendaftar terlebih dahulu melalui link yang sudah disediakan. Yakni, di laman http://bit.ly/PendaftaranD1Moderna26agt. “Pendaftarannya sudah dibuka. Mereka bisa mendaftar melalui link yang sudah tersedia,” jelasnya.

Eri menambahkan, pelaksanaan vaksinasi massal itu bakal menyediakan sekitar 2 ribu dosis vaksin. Karena jumlah vaksin terbatas, maka pesertanya juga dibatasi. Sehingga, warga tidak menyerbu ke lokasi vaksinasi agar menghindari terjadinya kerumunan. "Ini kita lakukan biar nanti semua tidak menyerbu ke lokasi. Kasihan kalau sudah datang tapi tidak dapat vaksin,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh warga untuk menjadi peserta vaksin Moderna dosis pertama. Di antaranya, warga harus ber-KTP Surabaya dan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Kemudian, mereka juga belum menerima vaksin COVID-19 sebelumnya.

“Pelaksanaannya dimulai pukul 10.00 WIB di Atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya. Mereka harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi syarat yang berlaku,” kata Feny, panggilan akrabnya.

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi Moderna dosis ketiga yang berfungsi sebagai immune booster bagi nakes masih terus dilakukan. Pemkot Surabaya menggelar kembali vaksinasi untuk itu mulai 25 - 28 Agustus 2021 di Atlas Sport Center Surabaya.

“Sasarannya itu nakes yang bekerja di klinik, apotek, laboratorium, dan praktik mandiri perorangan. Untuk nakes yang bekerja di Rumah Sakit (RS) dan puskesmas, pelayanan vaksinasinya telah dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, vaksin Moderna memang memiliki Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda untuk setiap orang. Meski demikian, ia memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

“Terkait dengan efek pasca vaksinasi memang berbeda untuk setiap orang, yang pasti vaksin Moderna aman untuk digunakan,” katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)