Musim Kemarau, Perlindungan Ekosistem Gambut di Sumatera Diperkuat

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Murad menyebut percobaan pembakaran itu sering dilakukan dengan harapan bahwa kebakaran dipandang sebagai kegiatan keterlanjuran. "Kita sedang waspadai dan mengetatkan bahwa pembangunan kebun baru tidak lagi ditolerir," tandasnya. Sementara itu untuk memelihara sekat kanal, pihaknnya melibatkan pokmas dan mahasiswa.

Di Jambi, pemantauan terhadap kondisi gambut juga dilakukan. Kepala Dinas Kehutanan Jambi, Ahmad Bestari menuturkan sistem monitoring (Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla) ASAP Digital yang ada di wilayahnya.

Dia menyebut, melalui aplikasi itu kebakaran lahan yang terjadi beberapa hari lalu segera bisa ditindaklanjuti. "Dalam hitungan jam saja, sore dipantau malam itu tim pemadaman bergerak, dan kita melalui pokmas memadamkan api menggunakan air yang bersumber dari sumur bor," kata Ahmad.

Tak hanya itu, Ahmad juga menceritakan kisah sukses revitalisasi ekonomi yang diberikan BRGM di Desa Catur Rahayu, Kabupaten Jabung Timur. Warga yang berternak sapi telah menjual sapinya untuk operasional patroli lahan gambut. "Alhamdulillah. Ini inisiatif luar biasa," katanya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4654 seconds (0.1#10.140)