Musim Kemarau, Perlindungan Ekosistem Gambut di Sumatera Diperkuat

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:23 WIB
loading...
Musim Kemarau, Perlindungan Ekosistem Gambut di Sumatera Diperkuat
Petugas memeriksa sekat kanal di salah satu lahan gambut di Sumatera untuk melindungi ekosistem dari ancama kebakaran. Foto/Ist
A A A
PEKANBARU - Perlindungan ekosistem gambut berbagai wilayah di Pulau Sumatera terus diperkuat, terutama pada musim kemarau lantaran rawan terjadi kebakaran.

Baca juga: Cegah Karhutla dan Pencurian Kayu, Perhutani Gencarkan Patroli di Bringin

Sumatera memiliki sebaran lahan gambut yang luas. Dari total 14,9 juta hektare (ha) gambut di Indonesia, 43,2% berada di Pulau Sumatera yang luasnya sekitar 6,4 juta hektare.

Baca juga: Karhutla di Ogan Ilir Meningkat, Pemkab Diminta segera Bentuk Satgas Desa

Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Restorasi Gambut Wilayah Sumatera, Soesilo Indrarto mengatakan pada masa kemarau ini, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) beserta tim di lapangan terus memantau fungsi dari Infrastruktur Pembasahan Gambut (IPG).

Pemantauan IPG berupa sekat kanal dan sumur bor di tiga provinsi yang memiliki lahan target restorasi, yaitu Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan. Pemantauan juga melibatkan kelompok masyarakat (Pokmas) yang didirikan BRGM.

"Kita lebih banyak menggunakan pokmas, yang nyata-nyata tinggal paling dekat dengan IPG," kata Soesilo saat webinar bertajuk Dialog Bernas Pengelolaan Lahan Gambut Wilayah Sumatera, Jumat (6/8/2021).

Optimalisasi fungsi IPG, lanjut Soesilo, begitu penting. Sebab, IPG bermanfaat untuk Operasi Pembasahan Gambut Rawan Kekeringan (OPGRK) dan Operasi Pembasahan Cepat Lahan Gambut Terbakar (OPCLGT). Operasi pembasahan sudah dilakukan sejak Maret 2021 di mana Riau menjadi lokasi pertama.

"Kita menggerakkan pokmas sebagai kekuatan dan ujung tombak ketika dalam kondisi darurat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kelompok Kerja Teknik Restorasi, Agus Yasin menambahkan bahwa Pokmas juga diberikan pendampingan dan bantuan alat. "Kita juga adakan pelatihan, kemudian diberikan juga alat berupa pompa untuk pembasahan gambut agar gambut tetap basah dimusim kemarau," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4033 seconds (0.1#10.140)