3 Bus Sekolah Kota Blitar Disulap Jadi Gerai Vaksin Keliling

Senin, 26 Juli 2021 - 20:14 WIB
loading...
3 Bus Sekolah Kota Blitar Disulap Jadi Gerai Vaksin Keliling
Bus sekolah di Kota Blitar yang diubah menjadi gerai vaksin keliling. Foto: SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Pemkot Blitar memanfaatkan suasana sekolah yang masih memberlakukan belajar daring , dengan menyulap tiga unit bus sekolah menjadi gerai vaksin keliling .

Upaya yang dilakukan itu untuk mempercepat pencapaian Herd Immunity atau kekebalan kelompok atas COVID-19 di Kota Blitar.



“Karena sekolah masih daring maka bus sekolah bisa digunakan untuk vaksinasi mobile keliling ke seluruh wilayah Kota Blitar," ujar Wali Kota Blitar Santoso usai launching gerai vaksin keliling yang memakai bus sekolah, kepada wartawan, Senin (26/7/2021).

Gerai vaksin keliling akan beroperasi secara door to door. Sasarannya adalah masyarakat Kota Blitar di tiga kecamatan, yakni Kepanjen Kidul, Sananwetan dan Sukorejo.



Menurut Santoso, titik pelaksanaan vaksinasi akan dikoordinasikan dengan masing-masing perangkat kecamatan dan kelurahan.

Mengingat terbatasnya stok vaksin yang ada, kelompok lanjut usia dan anak-anak akan menjadi skala prioritas. "Titik pelaksanaan memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan," terang Santoso.

Pada hari pertama, vaksin keliling door to door langsung dicoba di tiga kecamatan. Vaksinasi di setiap kecamatan berlangsung di tiga titik.Di antaranya di SMAN 01 (Kecamatan Sananwetan), MAN Kota Blitar (Kecamatan Sukorejo) dan di Joglo Jatimalang (Kecamatan Kepanjen Kidul). Sasaran vaksinasi di wilayah sekolahan dan perumahan. Selain pertimbangan prokes, sekolahan memiliki ruang kelas yang bisa menjadi tempat tunggu yang nyaman.



Menurut Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Heri Setiawan, untuk mewujudkan herd immunity di Kota Blitar, Pemkot Blitar bersinergi dengan Polri dan TNI. "Kegiatan keliling ini akan berlangsung setiap hari dengan sasaran lansia dan anak-anak, yakni terutama usia 12 tahun ke atas, " katanya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3746 seconds (0.1#10.140)