Permudah Pelayanan, Binda Papua Gelar Vaksinasi Usai Sholat Tarawih di Masjid

Jum'at, 15 April 2022 - 05:02 WIB
loading...
Permudah Pelayanan, Binda Papua Gelar Vaksinasi Usai Sholat Tarawih di Masjid
Binda Papua gencar menggelar vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan, bahkan untuk mencapai target vaksinasi digelar di masjid usai Sholat Tarawih. Foto: MPI/Sandi Gaming
A A A
JAYAPURA - Demi memenuhi target capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Papua, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Papua menggelar vaksinasi massal di Bulan Ramadhan.

Tidak hanya di fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan mal, sekolah dan beberapa lokasi lain, inovasi pelaksanaan vaksinasi digelar di masjid-masjid di Papua, tepatnya usai pelaksanaan sholat Tarawih.



Kabagops Binda Papua Kolonel Inf Rachmad Pudji mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di masjid dilaksanakan setelah jamaah melaksanakan Ibadah sholat Tarawih, semisal di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura yang digelar, Kamis malam (14/4/2022).

“Karena kalau siang umat muslim menjalankan ibadah puasa, meski sesuai penyampaian MUI, vaksin saat puasa halal dan tidak membatalkan puasa, namun untuk menghilangkan keraguan masyarakat, maka kita laksanakan vaksinasi pada malam hari, dan langsung di masjid, sehingga memudahkan jamaah,” bebernya di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, Kamis malam (14/4/2022).

Dijelaskan pula, saat ini capaian vaksinasi di Provinsi Papua masih kurang, utamanya Booster, sehingga pihaknya bekerjasama dengan satuan kesehatan baik dari Kesdam XVII Cenderawasih, Biddokkes Polda Papua maupun Dinas Kesehatan Provinsi Papua menggenjot vaksinasi massal termasuk di masjid.



"Kita melaksanakan apa yang dimandatkan pemerintah untuk terget 70 persen seperti daerah lain di Indonesia, jadi kita kejar target itu, baik pagi siang atau malam. Harapan kita, masyarakat juga terlayani untuk mendapatkan vaksinasi. Kita melayani semua tahapan, baik pertama, kedua maupun Booster,"ucapnya.

Untuk mencapai target itu, kata Rachmad, selama Bulan Suci Ramadhan setidaknya ada 5-10 masjid yang akan disasar. Untuk teknisnya sama setelah ibadah sholat Tarawih.

"Sekitar itu, ya kita berharap untuk malam hari bisa mencapai 100 atau lebih warga yang divaksin, kalau siang ya bisa di angka seribuan. Semoga bisa tercapai dan utamanya lagi masyarakat terbantu,"katanya.



Selain di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, rencananya besok vaksinasi akan digelar di Sentani, dan juga Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Jayapura pada tanggal 20 April mendatang.

Untuk informasi, capaian vaksinasi Binda Papua Khusus Kota Jayapura hari ini total mencapai 481 orang, dan khusus di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura mencapai 101 orang, baik tahap pertama, kedua maupun Booster.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)