Binda Gorontalo Gencarkan Vaksinasi Dosis Satu hingga Booster

Senin, 11 April 2022 - 13:48 WIB
loading...
Binda Gorontalo Gencarkan Vaksinasi Dosis Satu hingga Booster
Binda Gorontalo menggelar vaksinasi missal di Gereja Ekklesia Pantekosta Gorontalo, Minggu (10/4/2022). Tujuannya agar tidak lagi terjadi lonjakan kasus Covid-19. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GORONTALO - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Gorontalo terus menggencarkan vaksinasi dosis satu hingga booster bagi masyarakat. Tujuannya agar tidak lagi terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Binda Gorontalo memanfaatkan berbagai momen perayaan keagamaan sebagai salah satu sarana mendekati masyarakat yang ingin vaksinasi. Seperti yang dilakukan di Gereja Ekklesia Pantekosta Gorontalo, Minggu (10/4/2022).

"Ini sebagai salah satu bentuk dari strategi vaksinasi door to door atau jemput bola yang selama ini kita terapkan. Dan hasilnya memang cukup efektif untuk meningkatkan capaian vaksinasi di wilayah Provinsi Gorontalo," kata Kepala BIN Daerah Gorontalo, Suryono dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2022).

Menurutnya, salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menuju endemi adalah positivity rate Covid-19 harus di bawah 5% selama 6 bulan berturut-turut. Hal ini hanya bisa dicapai bila rasio vaksinasi telah mencapai minimal 70% di semua dosis vaksin sebagai prasyarat terbentuknya kekebalan komunal ( herd immunity ) di tengah masyarakat.

"Provinsi Gorontalo menuju ke sana, yaitu mencapai target herd immunity 70%. Baik dosis primer maupun booster sebagai syarat untuk memasuki masa endemi," tegasnya.

Lebih jauh, Suryono mengatakan, vaksinasi ini juga sebagai mitigasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 saat libur Lebaran tiba. Mengingat, interaksi sosial masyarakat cukup tinggi saat momen tersebut.

"Saya berharap jelang pelaksanaan cuti bersama dan Lebaran tiba, masyarakat sudah melengkapi dosis booster, sehingga tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 pascaliburan nanti," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2828 seconds (0.1#10.140)