Aksi Heroik Prajurit TNI Evakuasi 2 Jenazah Teroris Mujahidin Indonesia Timur di Poso

Rabu, 14 Juli 2021 - 16:43 WIB
loading...
A A A
Memasuki hari ketiga evakuasi pada Selasa pagi (13/7/2021) pukul 07.00 WITA, tim evakuasi hampir berhasil mengangkat jenazah menggunakan Heli Caracal TNI AU. Namun karena sempitnya medan serta lebatnya hutan menyulitkan manuver heli untukhover dengan aman. Apabila dipaksakan akan sangat beresiko untuk keamanan alutsista.

Rafael menjelaskan, evakuasi yang melibatkan masyarakat kembali menemui kendala setelah sempat menggunakan rakit menyusuri sungai sepanjang hampir 500 meter dari posisi sebelumnya. Ternyata di depan terdapat air terjun lebih 75 meter yang memaksa tim evakuasi menurunkan jenazah menggunakan tali.

Sekitar pukul 13.30 WITA, tim evakuasi berhasil menjangkaulanding zonedarurat yang aman untuk dilakukan pengangkatan jenazah. Pengangkatan menggunakahhoistdanbasket stretcherdari pesawat Heli Super Puma dukungan operasi Koopsau II Makassar, yang diterbangkan oleh Pilot Mayor Pnb Budiyono dari Lanud Hasanudin Makassar.

Siang ini juga pukul 14.30 WITA, dua jenazah teroris Poso, segera diberangkatkan dari Mayonif 714/SM ke RS Bhayangkara Polda Sulteng langsung dipimpin Brigjen TNI Rafael.

Menurut Rafael keberhasilan evakuasi jenazah teroris Poso tidak terlepas dari kerja sama semua pihak yang telah mencurahkan semua tenaga dan pemikiran pasca penyergapan serta penghormatan terhadap nilai kemanusiaan.

“Setelah melalui semua perjuangan berat tersebut kedua jenazah teroris berhasil di evakuasi, langsung diberangkatkan ke RS. Bhayangkara Polda Sulteng untuk dilaksanakan autopsi dan identifikasi lebih lanjut oleh Tim InafisSatgas Madago Raya,” katanya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)