Warga Blitar Raya Diajak Boikot Produk Susu yang Peternakannya Cemari Lingkungan

Selasa, 13 Juli 2021 - 19:30 WIB
loading...
Warga Blitar Raya Diajak Boikot Produk Susu yang Peternakannya Cemari Lingkungan
Lembaga Peduli Air dan Lingkungan Lestari berseru kepada masyarakat, untuk memboikot seluruh produk susu yang peternakannya mencemari lingkungan. Foto/Ilustrasi
A A A
BLITAR - Lembaga Peduli Air dan Lingkungan Lestari berseru kepada masyarakat, khususnya warga Blitar Raya, untuk memboikot seluruh produk susu yang diproduksi di peternakan yang mencemari lingkungan .



Mereka menyebut PT Greenfields Indonesia, salah satu perusahaan modal asing yang limbahnya diduga mencemari lingkungan . Saat ini, perusahaan itu direkomendasikan untuk dicabut izin operasional ke kementrian.



"Produk yang beredar di masyarakat berupa susu (Untuk diboikot). Karena telah menyengsarakan masyarakat , terutama di sekitar kawasan PT Greenfields," ujar Ketua Pembina Lembaga Peduli Air dan Lingkungan Lestari, Anna Luthfie kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).



Dia menyebut, sejak beroperasi pada tahun 2018, PT Greenfields terus bermasalah dengan lingkungan hidup . Dua surat teguran Bupati Blitar Rini Syarifah terkait persoalan pembuangan limbah telah dikeluarkan. Namun PT Greenfields tetap nekat menyalahi ketentuan Amdal.

Limbah kotoran sapi perah di Farm 2 di wilayah Kecamatan Wlingi, terus dialirkan ke sungai. Banyak ikan yang mati. Termasuk ikan kolam peliharaan warga yang airnya berasal dari sungai. Juga banyak yang mati.

Surat teguran ketiga yang memberi deadline waktu penuntasan masalah limbah juga sudah diluncurkan. Namun niat baik penerapan Amdal belum juga terlihat. Saat ini Pemkab Blitar tengah berancang-ancang mengirimkan surat rekomendasi pencabutan ijin operasional PT Greenfields ke kementrian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)