Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri, 129 Napi Lapas Cebongan Tak Ada yang Bebas

Kamis, 13 Mei 2021 - 17:27 WIB
loading...
Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri, 129 Napi Lapas Cebongan Tak Ada yang Bebas
Napi Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, menerima SK remisi usai Salat Idul Fitri 1442 H. Foto/Dok. Lapas Kelas II B Cebongan
A A A
KLATEN - Perayaan Idul Fitri 1442 H, menjadi kabar gembira bagi 129 napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cebongan, Mlati, Kabupaten Sleman, karena menerima remisi atau pemotongan masa tahanan.

Baca juga: 72 Warga Binaan Lapas Sukamiskin Dapat Remisi, Salah Satunya Terpidana E-KTP

Kepala Lapas Kelas II B Cebongan, Kusnan menyerahkan surat keputusan (SK) remisi kepada perwakilan penerima usai salat Idul Fitri yang digelar di halaman Lapas Kelas II B Cebongan, Kamis (13/5/2021).



Para napi tersebut sebelumnya mengikuti salat Idul Fitri di halaman Lapas, dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Kusnan mengatakan, para napi tersebut mendapatkan pengurangan masa tahanan 15-30 hari.

Baca juga: 2 Anggota KKB Tewas Saat Pecah Kontak Tembak di Ilaga, Senjata Apinya Masih Dicari

Napi yang mendapatkan remisi 15 hari ada sebanyak 87 orang, dan yang mendapatkan remisi satu bulan ada 42 orang. "Dari 129 napi yang mendapatkan remisi ini, tidak ada yang langsung bebas," kata Kusnan.

Menurut Kusnan jumlah warga binaan Lapas Kelas II B Cebongan, hingga 12 Mei 2021 tercatat ada 255 orang. Terdiri dari 147 napi dan 108 tahanan. Mereka di tempatnya di enam blok (tiga blok A dan tiga blok B) hanya saja setiap blok jumlahnya tidak sama.

Blok A untuk tahanan dan blok B untuk napi. Kapasitas Lapas Cebongan 225 orang. "Dari jumlah tersebut 164 orang beragama Islam, dan sudah berkekuatan hukum tetap (inkrcaht)," paparnya. Baca juga: Bawa Thermogun, Jemaat Gereja Datangi Jamaah Salat Idul Fitri di Alun-alun Purwokerto

Kasubsi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas II A Cebongan, Bakhtiar menambahkan, di masa pandemi ini, di hari lebaran tidak membuka kunjungan warga binaan pemasyarakatan. Untuk memfasilitasi silaturahmi menyediakan layanan kunjungan zoom dan WA video call. "Kami menyediakan 23 unit PC, Laptop dan TAB untuk fasilitas zoom dan WA video call ini," tambahnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2404 seconds (11.97#12.26)