PTPN V Tertinggi se-Indonesia Dalam Produktivitas Tanaman Menghasilkan Sawit

Jum'at, 30 April 2021 - 06:08 WIB
loading...
A A A
Sementara untuk TM satu, produktivitas tandan buah segar sawit mencapai 19,842 ton perhektare.

Untuk saat ini, luas TM muda PTPN V tercatat sekitar 42 persen dari total luas tanaman sawit produktif perusahaan perkebunan milik negara yang beroperasi di Riau tersebut seluas 66,7 ribu hektare.

Sementara, 8,86 ribu hektare kebun sawit lainnya telah melaksanakan program peremajaan dan masuk dalam kategori tanaman belum menghasilkan (TBM).

Lebih jauh, Jatmiko yang juga ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau tersebut mengatakan bahwa PTPN V memiliki sejumlah strategi untuk menjaga tingkat produktivitas sawit meningkat.

Baca juga: Maros Gempar, Lumba-lumba Terdampar di Empang Dangkal Sejauh 5 Km dari Laut

Selain penggunaan varietas unggul dan jenis tanaman homogen, upaya pengendalian hama dan penyakit, pemupukan sesuai rekomendasi, peningkatan infrastruktur, kastrasi tepat waktu, penggunaan teknologi informasi serta digitalisasi juga merupakan strategi yang terus diterapkan.

Baca juga: Video Viral Arus Laut Berputar Kencang hingga Membuat Perahu Nelayan Terjebak

"Perubahan dan perbaikan budaya akan lebih cepat dengan adanya perubahan teknologi. Tapi percayalah, bahwa ini adalah upaya kita agar lebih efektif,” ujarnya.

Sepanjang 2020, PTPN V berhasil mencatatkan kinerja terbaik sepanjang perusahaan berdiri dengan produktivitas tandan buah segar (TBS) sawit mencapai 23,87 ton perhektare pertahun atau meningkat 0,81 persen dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan produktivitas tersebut berbanding lurus dengan produksi TBS yang mencapai 1,59 juta ton di sepanjang 2020.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)