Diisolasi Sehari, PDP Corona Blitar Meninggal Dunia

Sabtu, 18 April 2020 - 21:36 WIB
loading...
Diisolasi Sehari, PDP Corona Blitar Meninggal Dunia
ilustrasi
A A A
BLITAR - Perempuan 69 tahun asal Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar itu tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Karena sakit dengan gejala demam dan sesak nafas, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Kabupaten Blitar menetapkannya sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Baru sehari diisolasi, Sabtu (18/4/2020) ini, menurut Krisna Yekti, jubir Tim Gugus Tugas, yang bersangkutan meninggal dunia. "Iya hari ini meninggal dunia, "ujar Krisna Yekti kepada wartawan. Pasien dirujuk ke rumah sakit swasta Kabupaten Blitar pada 17 April.

Masuk pagi hari dengan keluhan demam. Pada malam muncul gejala sesak nafas, dan ketika difoto thorax (rontgen) hasilnya mengarah pada pneumonia. "Meninggal pukul 10 pagi ini," papar Krisna Yekti. Terkait status PDP yang disematkan, kata Krisna Yekti hanya mengacu pada gejala klinis yang ada (demam dan sesak).

Pasien yang seminggu sebelumnya atau 7 April pernah operasi tersebut tidak pernah bepergian ke daerah atau negara terpapar. Ia juga tidak pernah kontak erat dengan pasien Corona. "Karena ada gejala demam dan sesak nafas lalu ditetapkan PDP, "katanya.

Sebelum meninggal dunia pasien juga sempat menjalani rapid test. Hasilnya negatif. Yang bersangkutan yang dimakamkan dengan protokoler pasien Covid-19 itu juga diambil swab, namun hasilnya belum keluar. "Keluarganya juga akan ditracing," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Krisna Yekti juga menyampaikan hasil rapid test yang dilakukan kepada 42 orang pegawai puskesmas Wates. Rapid test massal menyusul adanya satu orang dokter puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Alhamdulillah, hasilnya (rapid test) semua dinyatakan negatif," tambahnya. Para pegawai yang usai dirapid test tersebut juga akan bekerja seperti biasa. Mereka tidak diwajibkan melakukan isolasi mandiri karena terhitung kontak terakhir dengan pasien positif, sudah 14 hari.

Tercatat 18 April 2020 jumlah ODP (Orang dalam Pemantauan) Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 643, ODP selesai dipantau 14 hari 545, ODP dalam proses pemantauan 96 dan ODP rawat inap 2.

Sedangkan jumlah PDP (Pasien dalam Pengawasan) 13 orang dengan 8 orang diantaranya sembuh, 3 orang masih dirawat dan dua orang meninggal dunia. Sementara jumlah pasien positif 3 orang, dengan perincian satu orang dirawat, satu orang sembuh dan satu orang meninggal dunia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)