Tak Lagi Terisolir, Warga Lingkis Kini Dapat Keluarkan Hasil Bumi dengan Mudah

Kamis, 18 Maret 2021 - 17:12 WIB
loading...
Tak Lagi Terisolir, Warga Lingkis Kini Dapat Keluarkan Hasil Bumi dengan Mudah
Desa Lingkis yang berada di Kecamatan Mariana, Banyuasin dan berbatasan langsung dengan kawasan Sungai Jawi, Kalidoni, Palembang menjadi salah satu titik program TMMD. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Desa Lingkis yang berada di Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin dan berbatasan langsung dengan kawasan Sungai Jawi Kelurahan Sungai Selincah, Kecamatan Kalidoni, Palembang menjadi salah satu titik lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun Anggaran 2021.

Tidaklah mudah untuk dapat mengakses Desa Lingkis, karena hanya kendaraan sepeda motor yang dapat melewati jalan tersebut. Namun dengan adanya program TMMD, harapan masyarakat sekitar untuk dapat mengakses jalan dengan mudah tersebut kini menemui titik terang. Baca juga: Program TMDD di Gowa Sasar Relokasi Bendungan Jenelata

Dipilihnya lokasi tersebut dalam program TMMD tahun 2021 ini dinilai tepat karena selama ini akses dari dan menuju ke Desa Lingkis bisa dikatakan terisolir, sehingga menghambat aktivitas warga yang ingin keluar masuk, termasuk juga aktivitas perekonomian yakni mengangkut hasil bumi.

Komandan Korem 044 Garuda Dempo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji mengatakan, dipilihnya kawasan Sungai Jawi hingga Desa Lingkis dalam program TMMD tahun 2021 ini karena adanya permintaan dari masyarakat.

Dengan adanya permintaan langsung dari masyarakat, lanjut Danrem 044 Gapo, maka pihaknya langsung mengakomodir karena ini menyangkut peningkatan kesejahteraan, terutama soal perekonomian.

"Di Sungai Selincah ini memang sangat terisolir, jalan tidak ada. Dengan adanya pembangunan jalan melalui program TMMD ini diharapkan masyarakat dapat terbantu. Hasil pertaniannya juga bisa lebih cepat dikirim ke Palembang, karena selama ini diketahui agak susah dalam pengangkutan hasil panen masyarakat sekitar," ujar Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, Kamis (18/3/2021).

Meski menyisahkan waktu 13 hari dan saat ini progres TMMD di wilayah Kota Palembang baru mencapai 60 persen, lanjut Danrem, namun pihaknya tetap optimis dapat merampungkan seluruh program hingga akhir bulan saat penutupan program TMMD ke-110.

Sementara itu, Inspektur Khusus Inspektorat Jenderal Angkatan Darat, Brigjen TNI Edy Santoso selaku Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi TMMD mengatakan, dilihat dari perencanaan seperti pengerjaan jalan sudah rampung. Untuk pengerjaan konstruksi jembatan kita optimis dapat diselesaikan oleh tim TMMD Kodim 0418 Palembang hingga tenggat waktu yang ditentukan yakni akhir bulan nanti.

"Dengan dibangunnya jembatan penghubung tersebut diharapkan dapat bermanfaat oleh masyarakat Desa Lingkis dan Sungai Jawi sebagai akses transportasi masyarakat, baik itu untuk mengangkut hasil panen maupun mempermudah anak untuk bersekolah, karena selama ini kesulitan untuk menyebrang antar kedua kawasan itu," jelasnya.

Terkait jalur penghubung antar wilayah tersebut, Brigjen TNI Edy Santoso menyebutkan, Kodim 0418 Palembang akan berkoordinasi dengan Kodim 0430 Banyuasin untuk memberikan masukan kepada Pemkab Banyuasin agar segera terealisasi, sehingga tidak harus menunggu program TMMD karena bisa melalui program Karya Bakti untuk mengembangkan wilayah tersebut.

"Termasuk juga untuk aliran listrik di kawasan ini akan segera disinergikan dengan instansi terkait. Jika semua terealisasi maka dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4710 seconds (0.1#10.140)