Bio Farma Siapkan Vaksin Gotong Royong untuk Buruh dan Karyawan

Senin, 01 Maret 2021 - 06:59 WIB
loading...
Bio Farma Siapkan Vaksin Gotong Royong untuk Buruh dan Karyawan
ilustrasi
A A A
BANDUNG - Induk Holding BUMN Farmasi (HBF) Bio Farma beserta anggota HBF Kimia Farma akan mendatangkan dua jenis vaksin COVID-19 untuk keperluan vaksinasi bagi buruh dan karyawan. Vaksin gotong royong tersebut, nantinya akan diberikan secara gratis kepada pekerja.

Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan, program vaksinasi Gotong Royong diharapkan akan mempercepat program vaksinasi agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat segera tercapai. Vaksinasi GR ini tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang dijalankan oleh pemerintah.

Baca juga: Janda Muda yang Gemparkan Cianjur Usai Melahirkan Tanpa Hamil, Ternyata Dihamili Mantan Suami

Kedua jenis vaksin yang akan didatangkan oleh Bio Farma dan Kimia Farma antara lain, Moderna dengan platform m-RNA yang akan didatangkan oleh Bio Farma. Sembarara Sinopharm dengan platform inactivated yang akan didatangkan oleh Kimia Farma

"Saat ini Holding BUMN Farmasi sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin COVID-19 khusus untuk program vaksinasi gotong royong yaitu dengan Sinopharm dari Beijing China dengan platform in-activated, dan Moderna dari Amerika dengan platform mRNA", ujar Bambang Heriyanto dalam siaran persnya, Minggu (28/2/2021)

Baca juga: Lansia Belum Masuk Program Vaksinasi, Ini Cara Daftarnya

Bambang menambahkan, peraturan vaksinasi gotong royong ini, sudah tertuang dalam Permenkes No. 10 tahun 2021, dengan jenis vaksin COVID-19 yang berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi program pemerintah. Pihaknya akan berkoordinasi erat dengan berbagai pihak, terutama Kementerian Kesehatan untuk menyiapkannya agar bisa berjalan lancar dan baik.

"Vaksin gotong royong tidak akan menggunakan vaksin yang sama yang digunakan untuk program pemerintah," ujar Bambang.

Sama dengan jenis vaksin untuk pemerintah vaksin COVID-19 Gotong Royong pun tetap harus mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization), atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)