PPKM Dicabut, Satgas Covid-19 Kepri Minta Pengurus RT Tetap Ajak Warga Vaksin

Rabu, 04 Januari 2023 - 07:31 WIB
loading...
PPKM Dicabut, Satgas Covid-19 Kepri Minta Pengurus RT Tetap Ajak Warga Vaksin
Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), meminta pengurus RT dan RW untuk tetap mengajak warga melakukan vaksin Covid-19, meski PPKM telah dicabut. Foto/Ilustrasi/Dok.
A A A
TANJUNGPINANG - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), untuk mencegah penularan Covid-19, telah resmi dicabut. Meski demikian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), tetap meminta pengurus RT dan RW untuk mengajak warganya melaksanakan vaksin Covid-19 di Puskesmas terdekat.



Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, kebijakan pemerintah mencabut pembatasan sosial untuk kepentingan masyarakat, yang seharusnya diiringi dengan peningkatan daya tahan tubuh.



Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan Covid-19, pemerintah menyediakan vaksin Covid-19 secara gratis, yang seharusnya dimanfaatkan masyarakat secara maksimal.



"Jangan sampai muncul persepsi, bahwa pencabutan pembatasan sosial itu menandakan Indonesia sudah memasuki endemi, dan tidak lagi dalam kondisi darurat kesehatan. Itu persepsi yang keliru," katanya.

Tjetjep Yudiana menambahkan, Indonesia masih dalam kondisi pandemi. Namun pencabutan pembatasan sosial merupakan sinyal yang diberikan pemerintah kalau Indonesia mendekati kondisi endemi jika kasus aktif Covid-19 terus menurun hingganihil. "Ini berhubungan dengan pola penanganan Covid-19, apakah setiap daerah mampu menanganinya atau tidak," ucapnya.

Menurut Tjetjep, Covid-19 masih ada di Indonesia. Di Kepri, kasus kasus aktif Covid-19 tinggal 17 orang, dengan rincian Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga dan Kota Batam masing-masing satu kasus, sedangkan Tanjungpinang empat kasus dan Kabupaten Bintan 10 kasus. Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna bertahan nihil kasus aktif.



"Penurunan kasus aktif Covid-19 erat kaitannya dengan sistem pencegahan terhadap penularan Covid-19, misalnya melalui pembatasan sosial dan peningkatan kekebalan tubuh manusia melalui vaksinasi," ucapnya.

Capaian vaksinasi Covid-19 di Kepri untuk dosis pertama di Kepri sudah mencapai 98,52 persen atau 1,77 juta orang, sementara dosis kedua mencapai 86,37 persen atau 1,55 juta orang, dosis booster 56,2 persen atau 772.106 orang, dan dosis booster kedua 9,2 persen atau 9.312 orang. "Kami berharap warga yang memenuhi syarat vaksin dosis booster, segera mendapatkan vaksin tersebut," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)