Cerita Nuraini, Bahagia Bisa Mudik Tanpa Panas dan Kehujanan

Rabu, 19 April 2023 - 13:10 WIB
loading...
Cerita Nuraini, Bahagia Bisa Mudik Tanpa Panas dan Kehujanan
Nuraini (tengah) bersyukur bisa mudik gratis menggunakan bus.
A A A
BANDUNG - Pemudik asal Cimahi, Nuraini mengaku bersyukur tahun ini bisa mudik menggunakan bus dengan fasilitas gratis. Biasanya, setiap tahun dia mudik bersama suami dan dua anaknya menggunakan sepeda motor.

Dia bercerita, setiap tahun selalu mudik menggunakan sepeda motor ke Gunungkidul, Yogyakarta. Perlu waktu sampai dua hari ketika menggunakan sepeda motor. Karena harus istirahat di rumah saudara di perjalanan.

"Kalau pakai motor lama, harus istirahat di rumah saudara dulu. Alhamdulillah sekarang bisa naik bus, dan gratis. Bisa menghemat biaya, " jelas Nuraini saat ikut mudik gratis Bio Farma, Rabu (19/4/2023).

Dia yang hanya jualan online ini mengaku sangat terbantu. Walaupun, untuk saat ini, suami tidak bisa ikut, karena satu dan lain hal. Namun dia bersyukur, anaknya yang baru berusia 5 tahun bisa nyaman mudik menggunakan bus.

Baca juga: Hari Kedua Penerapan One way, Lalin Cipali Majalngka Terpantau Ramai Lancar

Nuraini merupakan satu dari sekitar 800 pemudik yang ikut mudik gratis Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama PT Bio Farma Persero. Dalam mudik gratis ini, Pemkot Bandung dan Bio Farma menyediakan 15 bus mudik.

Terdapat 2 rute keberangkatan yaitu Jalur Selatan yakni Bandung - Yogyakarta dengan rute Majenang - Wangon - Gombong - Kebumen - Purworejo - Terminal Giwangan - Yogyakarta. Sementara Jalur Utara yakni Bandung - Wonogiri dengan rute Brebes - Tegal - Pemalang - Pekalongan - Batang - Kendal - Semarang - Ungaran - Salatiga, Boyolali - Solo - Sukoharjo - Terminal Giri Adipura - Wonogiri.

Direktur Human Capital PT Bio Farma Persero, Endang Suraningsih mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial dan membantu masyarakat Bandung dan sekitarnya untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

"Semoga bermanfaat dan betul-betul sesuai dengan tema tahun ini yaitu mudik dinanti, mudik di hati," katanya.

Dia mengingatkan, para pemudik untuk terus menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan memakai masker. Sebagai informasi, total jumlah pemudik yang diberangkatkan oleh Bio Farma Grup sebanyak 1.230 orang.

Secara keseluruhan, pada 2023 BUMN menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis dengan rincian 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna berpesan kepada seluruh pemudik dan juga para sopir bus untuk selalu menjaga kesehatan dan selamat sampai tujuan sehingga bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

"Kami doakan semoga selalu bahagia dan tiba di tujuan dengan selamat. Kami kepada para pengemudi ini harus benar-benar fit jangan sampai nanti para pengemudi ini ngantuk dan sebagainya dan terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan," kata Ema.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9200 seconds (0.1#10.140)