Di tengah Ganasnya COVID-19, Sri Sultan HB X Kembali Lakukan Sapa Aruh, Ada Apa?

Selasa, 09 Februari 2021 - 16:24 WIB
loading...
A A A
Menurut Sultan, Sapa Aruh dengan saling menyapa atas kondisi kesehatan dan keselamatan tetangga sangat penting untuk meningkatkan kesiap-siagaan warga. Guyub Rukun, dengan mengedepankan semangat gotong royong dalam menghadapi COVID-19 serta berbagai dampaknya.

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 kian meluas, suami GKR Hemas meminta setiap warga perlu memberdayakan diri dengan sistem kelompok Jaga Warga, agar terbangun RT atau Dusun Siaga Tangguh melalui kesepakatan bersama. "Diperlukan kesigapan setiap warga dengan penanganan yang cepat dan tepat untuk memutus rantai penularan COVID-19 dan mencegah jatuhnya korban," imbuhnya.

Dikatakan Sultan, hak tersebut merupakan gambaran aktivasi jaga warga dan efektivitas PPKM berbasis RT atau Dusun . Pada saatnya nanti, akan segera diterbitkan aturan detilnya melalui SK Gubernur DIY yang menjadi kesepakatan bersama Bupati dan Wali Kota untuk "Membangun Ketahanan Warga Dari RT/Dusun".



Pakai masker, lanjutnya, bukan karena takut di denda, jaga jarak bukan karena menghindari teguran, dan sering cuci tangan bukan karena disuruh, tapi supaya jangan tertular COVID-19 . Berdiam di rumah bagaikan Madrasah, tempat kita belajar hidup dan berkreasi untuk menimba kehidupan yang lebih baik dalam situasi berbeda, keadaan baru dengan segala kesahajaannya.

Untuk itu tokoh yang memiliki nama muda Herjuno Darpito ini, meminta untuk menghidupkan birokrasi yang melayani, akademisi yang inovatif, serta masyarakat yang peduli, melindungi dan berbagi . "Ya Allah, jauhkanlah itu semua dari sekadar utopia. Dekatkanlah menjadi realita. Semoga keberkahan dan kebahagiaan berada di sekitar kita. Dan, semogalah," pungkasnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)