Sri Sultan Hamengku Buwono X Imbau Warga Yogyakarta Jangan Golput

Rabu, 14 Februari 2024 - 10:01 WIB
loading...
Sri Sultan Hamengku Buwono X Imbau Warga Yogyakarta Jangan Golput
Sri Sultan Hamengku Buwono X menggunakan hak pilihnya di TPS 12, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta. Foto: MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Raja Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menggunakan hak pilihnya di TPS 12, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2024).

Selain ditemani GKR Hemas, Sultan juga hadir bersama 9 anggota keluarganya. Mereka adalah anak, menantu dan cucu Sultan kecuali GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro akan menggunakan hak plilihnya di TPS Suryocondro.

”Gusti Mangkubumi dan Kanjeng Pangeran Wironegoro akan menggunakan hak pilih di ndalem di Suryocondro,” ujar Ketua KPU Kota Jogja, Noor Harsya, Rabu (14/2/2024).



Noor Harsha mengatakan anggota keluarga Sultan yang turut mencoblos di antaranya GKR Hemas, ketiga anak, menantu, serta seorang cucu. Mereka tiba di TPS setelah upacara pengambilan sumpah dan janji KPPS selesai dilaksanakan.

Noor mengakui jika Sultan tiba tidak seperti biasanya. Di mana jika pemilu-pemilu sebelumnya Sultan dan keluarga besar tiba di TPS sebelum pengucapan sumpah san janji petugas KPPS, namun kali ini Sultan tiba ketika TPS sudah dibuka.

TPS 12 bertempat di Ndalem Cokronegaran. Lokasi ini merupakan tempat tinggal salah seorang pangeran trah Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di mana semua anggota KPPS menggunakan pakaian jawa Surjan motif khusus.



“Hari ini Ngarso Dalem rawuh (datang) dengan garwo (istri), kemudian Gusti Hayu dengan garwo, Gusti Madu dengan garwo, Gusti Bendara dengan garwo. Jadi ada 10, dengan cucu Mas Marel ada 11 pemilih beralamat di Karaton Kilen. Beliau mencoblos pertama kali,” ucapnya.

Usai mencoblos, Sultan mengimbau agar semua warga masyarakat di DIY untuk menggunakan hak pilih dengan baik. Sultan meminta warganga agar jangan golput dengan tetap datang ke TPS.

”Datang ke TPS dengan harapan kita bisa menentukan pilihan untuk pemerintahan yang stabil paling sedikit waktu 5 tahun. Selamat untuk warga masyarakat yang melaksanakan kewajibannya untuk memilih pemimpin untuk 5 tahun ke depan,” kata Sultan HB X.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)