Dramatis, Dalam Kondisi Dirantai Ratusan Napi Dievakuasi Akibat Sel Tahanannya Kebanjiran

Senin, 08 Februari 2021 - 20:14 WIB
loading...
Dramatis, Dalam Kondisi Dirantai Ratusan Napi Dievakuasi Akibat Sel Tahanannya Kebanjiran
Sebanyak 150 napi di Lapas Kelas II A pekalongan, dievakuasi akibat banjir yang merendam sel tahanan mereka. Foto/iNews TV/Suryono Sukarno
A A A
PEKALONGAN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pekalongan, terendam banjir . Seluruh lokasi mulai dari halaman, selasar, ruang sel tahanan, juga kantor administrasi terendam banjir setinggi 40-50 cm.



Kondisi ini memaksa pihak Lapas Kelas II A Pekalongan, mengevakuasi sebanyak 150 narapidana (napi) . Mereka dievakuasi ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Pekalongan, dan Rutan Kelas II B Batang, Senin (8/2/2021).

Evakuasi dilakukan karena hampir semua blok kamar hunian napi terendam banjir . Para napi dievakuasi dengan kondisi dirantai. Mereka keluar dari sel tahanan, dan dibawa kendaraan tahanan dalam kelompok-kelompok kecil.



Kepala Lapas Kelas II A Pekalongan, Agus Heryanto menyebutkan, evakuasi dilakukan karena air banjir yang masuk ke dalam Lapas Kelas II A Pekalongan, sudah melebihi ambang batas. Selain itu, hampir semua ruangan terendam banjir .

"Banjir merendam hampir seluruh blok, sekitar 95 persen. Jika air sudah masuk ke kamar hunian dan tempat tidur napi, maka napi kita evakuasi sementara ke tempat lebih aman," katanya.



Proses evakuasi dilakukan bertahap hingga beberapa gelombang. Evakuasi dilakukan, tiap gelombang dilakukan terhadap 25 orang napi, menggunakan satu unit bus Transpas Lapas Kelas II A Pekalongan.

"Teknisnya evakuasi, kita juga sudah koordinasi dengan kepolisian. Kita lakukan bertahap, setiap tahap ada 25 orang. Kita prioritaskan untuk yang rentan, misalnya napi lansia . Pertama kita evakuasi 100 orang ke Rutan Pekalongan. Setelah itu kita evakuasi lagi 50 orang ke Rutan Batang," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)