Semarang Bangun Museum Sejarah dengan Teknologi Imersif Pertama di Indonesia

Sabtu, 30 Januari 2021 - 05:36 WIB
loading...
Semarang Bangun Museum Sejarah dengan Teknologi Imersif Pertama di Indonesia
Penampakan Museum Kota Lama di bundaran Bubakan Semarang, Jawa Tengah.Foto/ist
A A A
SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyiapkan sejumlah project penguatan sektor pariwisata di ibu kota Provinsi Jawa Tengah sepanjang 2021. Jajarannya di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang pun mulai membuka ke publik project apa saja yang akan dikerjakan.

Setelah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang mengkonfirmasi akan merealisasikan project jembatan kaca yang sempat tertunda di area Hutan Wisata Tinjomoyo, kini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyusul dengan rilisan konsep museum imersif.

Adapun imersif merupakan sebuah konsep teknologi yang mulai diterapkan pada sejumlah museum di berbagai negara, untuk merangsang minat pengunjung. Konsep tersebut mengaburkan dunia digital dengan dunia nyata, sehingga pengunjung bisa mendapatkan pengalaman baru.

Baca juga: Penampakan Wedus Gembel Gunung Merapi, Ternyata Tembus Jarak 3,5 Km

Secara khusus, gambaran terkait museum imersif yang akan dikembangkan di Kota Semarang sendiri, telah diunggah wali kota yang akrab disapa Hendi itu, di media sosial pribadinya @HendrarPrihadi.

Hendi mengatakan, museum tersebut akan menggunakan bangunan yang telah didirikan oleh Kementerian PUPR di bundaran Bubakan, Kota Semarang.

"Untuk fisik bangunannya oleh Kementerian PUPR, sedangkan dari Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) yang nanti akan mendesain dalam museumnya," kata Hendi. "Saat ini ada dalam tahap penyempurnaan konsep pengaplikasian teknologi, semoga prosesnya lancar," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan konsep utama museum di bundaran Bubakan yakni mengenai sejarah Kota Semarang.

Baca juga: Setelah Nakes, Penghulu Nikah Segera Dapat Giliran Vaksinasi COVID-19

Pihaknya akan memberikan sajian sebagai pembelajaran sejarah dengan metode yang menarik, sehingga saat masuk museum, pengunjung dapat merasakan ambience atau kondisi Semarang tempo dulu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)