Setelah Nakes, Penghulu Nikah Segera Dapat Giliran Vaksinasi COVID-19

Kamis, 28 Januari 2021 - 16:07 WIB
loading...
Setelah Nakes, Penghulu Nikah Segera Dapat Giliran Vaksinasi COVID-19
Foto dok/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Penghulu pernikahan di Jawa Tengah segera mendapat giliran vaksinasi COVID-19. Sebagai pelayan publik, mereka banyak berinteraksi dengan masyarakat sehingga rawan terpapar virus corona.

“Setelah nakes, nanti pelayan publik TNI, Polri, ASN, pegawai bandara, lalu juga pegawai Kemenag, penghulu (pernikahan), dan sebagainya pelayan-pelayan publik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, pelayan publik termasuk penghulu pernikahan adalah kelompok kedua setelah tenaga kesehatan (nakes) yang mendapat prioritas vaksinasi COVID-19. Untuk penyuntikan vaksinasi nakes tahap pertama, ditargetkan kelar hari ini.

"Sehabis ini langsung kami mulai (kelompok berikutnya). Rencananya kan untuk nakes awalnya selesai pertengahan Februari, tapi ini kami minta dipercepat. Nanti di tahap kedua nanti habis ini ya, kita kan rencana pertengahan Februari ini nakes sudah selesai semuanya, setelah itu baru nanti pelayan publik,” terangnya.

Dia mengatakan, jumlah pelayan publik cukup banyak. Namun sampai saat ini, pihaknya masih menunggu kiriman vaksin dari pemerintah pusat. " Vaksin yang sudah ada baru untuk nakes, sekira 167 ribuan. Selebihnya belum, jadi kami masih menunggu ini. Paling awal pertengahan Februari," jelasnya.

Yulianto mengatakan bahwa total masyarakat Jateng yang akan divaksin sebanyak 24 jutaan. Semuanya terbagi dalam beberapa tahapan vaksinasi. "Semuanya di Jateng sekitar 24 juta, termasuk nakes, pelayan publik, lansia dan masyarakat umum lainnya. Nanti akan mendapat giliran sesuai tahapan berikutnya," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2165 seconds (0.1#10.140)