Gunung Semeru Meletus, PVMBG Keluarkan Status Level Waspada

Sabtu, 16 Januari 2021 - 20:48 WIB
loading...
A A A
Potensi ancaman bahaya lainnya berupa awan panas guguran dan guguran batuan dari kubah/ujung lidah lava ke sektor tenggara dan selatan dari puncak. Jika terjadi hujan, kata Kasbani, dapat terjadi lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak.

"Saat ini, arah luncuran awan panas dan guguran mencapai jarak luncur maksimum 4 kilometer ke sektor tenggara dan selatan dari puncak. Selain itu, dapat terjadi lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak," ungkap Kasbani.

Baca juga: Semeru Luncurkan Awan Panas, Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 1 Km dari Puncak

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental serta potensi ancaman bahayanya, pihaknya menyimpulkan bahwa tingkat aktivitas Gunung Semeru masih ditetapkan pada Level II (Waspada).

Baca juga: Gunung Semeru Keluarkan Asap Hitam, Begini Penjelasannya

Dalam status Level II (Waspada), pihaknya merekomendasikan agar masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 4 kilometer ke arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

"Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya," katanya.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)