Luwu Utara Masuk Nominasi Kabupaten Sehat Kategori Wistara

Jum'at, 08 Januari 2021 - 08:23 WIB
loading...
Luwu Utara Masuk Nominasi Kabupaten Sehat Kategori Wistara
Plt Kadis Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Kabupaten Luwu Utara berhasil mencapai target Open Defecation Free (ODF) 100% atau bebas buang air besar sembarang. Atas capaian ini, Luwu Utara masuk nominasi Kabupaten Sehat Kategori Wistara untuk selanjutnya dilakukan evaluasi oleh pemerintah pusat. Capaian ODF 100% menjadi indikator baru dalam mewujudkan Kabupaten Sehat dari pemerintah pusat.

Capaian ODF 100% Luwu Utara tergambar dari akses sanitasi 100%, dengan nir penggunaan anggaran sanitasi total berbasis masyarakat ( STBM ). Di mana, yang melaksanakan STBM mencapai 173 desa. Hal ini linier dengan capaian desa ODF yang juga 100%.

Plt Kadis Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma membenarkan capaian target ODF 100% ini. "Capaian ODF kita 100%. Nah, ini menjadi indikator mutlak kita bisa masuk nominasi Kabupaten Sehat Kategori Wistara tahun ini,” ungkap Marhani.



Menurut dia, Wistara ini penghargaan Kabupaten Sehat dengan tingkatan tertinggi. “Insya Allah, kita optimistis bisa kembali meraih Wistara ketiga kalinya,” ucap dia.

Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan tetap mampu berbuat yang terbaik. “Ini capaian yang luar biasa. Untuk itu, ia berharap partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif mewujudkan kabupaten sehat di Luwu Utara ," katanya.

Kabupaten Sehat ini kegiatannya masyarakat, Pemda hanya sebagai penggerak saja, yang terlibat aktif adalah masyarakat,” lanjutnya.

Masih kata dia, musibah bencana alam dan pandemi Covid-19 rupanya tidak berpengaruh terhadap semangat untuk mewujudkan kabupaten sehat .

“Setelah kita berproses di masa pandemi dan pascabencana, dengan berbagai upaya yang kita lakukan, ternyata kita masuk nominasi Kabupaten Sehat ,” pungkasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)