Rahasia Sukses Vietnam Atasi Pandemi COVID-19

Kamis, 14 Mei 2020 - 20:33 WIB
loading...
A A A
“Jadi jika seseorang terkonfirmasi positif, pemerintah akan cepat dan tanggap untuk menangani kasus tersebut. Kami lacak pasien sebelumnya pergi kemana, sedang apa, dan semuanya itu didata. Setelah itu, Vietnam akan menutup tempat yang diduga lokasi penyebaran virus. Begitu pula dengan perusahaan akan ditutup jika ada salah satu karyawannya dinyatakan positif COVID-19,” kata dia.

Aktivitas masyarakat diberbagai sektor mulai aktif beroperasi dan berangsur pulih. Penggunaan transportasi domestik, tempat ibadah, pedagang, aktivitas entertainment dan olahraga mulai dilakukan kembali oleh masyarakat. Namun, kebijakan pemerintah tetap dilakukan dalam menekan angka penyebaran COVID-19.

“Walaupun relaksasi, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh masyarakat seperti tetap mengikuti himbauan menjaga kebersihan dan social distancing. Selain itu, ativitas di dalam ruangan juga dibatasi sebanyak 20 orang, sedangkan di luar ruangan tidak boleh melebihi 30 orang. Begitu juga dengan tempat ibadah mulai dibuka tetapi kami batasi jumlah umatnya dan tetap melarang kegiatan masyarakat yang mengundang massal,” jelas Ibnu Hadi.

Ibnu Hadi menjelaskan perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari jumlah data perkembangan terkait kasus COVID-19 di Indonesia dan Vietnam. Vietnam telah melakukan tes spesimen sebanyak 261.004 sedangkan Indonesia hanya terdata 119.728.

Pada kasus COVID-19, Vietnam cukup serius dalam menangani warga yang terkonfirmasi positif. Berbagai hal dan kebijakan dilakukan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus, salah satunya dengan trace back atau melacak kembali kondisi atau riwayat pasien. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi local transmission atau domestic transmission lebih luas.

Penanganan yang dilakukan oleh Vietnam dibagi menjadi dua tahap yaitu preventif dan kolektif. Pada tahap preventif pemerintah harus cepat, tanggap, dan antisipatif dalam menangani pasien COVID-19.

Tracing back dilakukan dengan terdata dan warga Vietnam kooperatif dalam membantu pemerintah dengan mematuhi kebijakan serta peraturan yang dibuat. Selanjutnya, tahap kolektif merupakan kebijakan yang dibuat untuk warga yang terkonfirmasi positif dan wajib menjalani perawatan di rumah sakit hingga dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Selain membahas data dan rahasia penanganan pasien di Vietnam, pemaparan selanjutnya berkaitan dengan langkah-langkah memulihkan ekonomi. Ada beberapa kebijakan yang telah pemerintah lakukan dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi negara.

Pertama, pemerintah mulai membuka aktivitas masyarakat dalam kegiatan ekspor barang. Kedua, pemerintah melaksanakan online business dialogue dengan komunitas bisnis untuk menggenjot produktivitas setelah pandemi COVID-19. Ketiga, aktivitas promosi wisata mulai dilakukan dengan membuat inovasi di bidang pariwisata virtual. Wisatawan dapat melihat tempat wisata hingga kuliner favorit yang berada di Vietnam secara online dengan mengakses https://vietnam.travel/things-to-do/stay-at-home .

Sementara itu, Ir Benny Lianto, mengatakan setiap negara memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. “Tetapi melalui webinar kali ini, kami berharap partisipan mendapat wawasan dan mengambil beberapa hal yang bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di Indonesia,” ucap Benny Lianto.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3582 seconds (0.1#10.140)