Ada Magma di Puncak, BPPTKG: Merapi Mulai Memasuki Fase Erupsi 2021

Selasa, 05 Januari 2021 - 15:23 WIB
loading...
Ada Magma di Puncak, BPPTKG: Merapi Mulai Memasuki Fase Erupsi 2021
Munculnya lava pijar dari puncak Merapi pada Senin (4/1/2021) malam menjadi titik awal kenaikan aktivitas Merapi. Foto/Ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Munculnya lava pijar dari puncak Merapi pada Senin (4/1/2021) malam, menjadi titik awal kenaikan aktivitas Merapi yang signifikan. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, saat ini Merapi mulai memasuki fase erupsi.

(Baca juga: Terjadi Guguran Lava Pijar Dari Puncak Merapi, Warga Diminta untuk Lebih Waspada )

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, secara teknis saat ini bisa dikatakan bahwa Merapi masuk fase erupsi 2021. Namun demikian, hal ini masih awal indikasi proses ekstrusi magma yang akan terjadi seiring dengan data seismik dan deformasi yang masih tinggi.

"Jadi memang Merapi memasuki masa erupsi, namun masih awal kita masih terus pantau aktivitas Merapi ," terangnya saat zoom meeting aktivitas Merapi terkini, Selasa (5/1/2021).



Dijelaskannya berdasarkan foto citra satelit juga diketahui terjadi gundukan baru di puncak Merapi yang diduga merupakan material lava baru. Namun demikian sebagian sudah longsor bersamaan material lama.

Dengan kejadian ini, pihaknya memastikan magma sudah berada dipermukaan Merapi . "Artinya tidak ada jarak lagi antara magma dengan puncak Merapi ," katanya.

(Baca juga: Mantan Bupati Berwajah Cantik Meninggal Dunia, Kepulauan Talaud Berduka )

Kendati demikian, dalam erupsi kali ini terjadi perbedaan. Hal ini terlihat dari proses deformasi yang terus terjadi. "Kalau erupsi sebelumnya saat menuju erupsi proses deformasi berhenti, gempa vulkanik dangkal juga menurun, namun ini masih tinggi," ulasnya.

Hanik juga menyinggung arah erupsi yang cenderung ke barat daya. Hal ini memang berdasarkan analisa guguran yang terjadi selama ini, yaitu ke barat daya. "Hanya saja bukaan kawah itu ke selatan, menuju Kali Gendol. Jadi kemungkinan itu tetap ada, yaitu menuju Kali Gendol," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)