Gubernur Sulsel Konsolidasi Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Minggu, 03 Januari 2021 - 16:11 WIB
loading...
A A A
"Penguatan dengan penambahan kapasitas rumah sakit . Ditambahkan tempat tidur dari bantuan Jepang ," sebutnya.

Hal lain disampaikan bahwa, vaksinasi akan dilakukan 14 Januari 2020 di Sulsel. Vaksinasi dilakukan serentak di Indonesia untuk tenaga kesehatan .

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin menyebutkan, rencananya pasien Covid-19 yang sementara dirawat di rumah sakit dan sudah tanpa gejala namun masih berstatus positif Covid-19 , akan dipindahkan ke hotel Duta Wisata Covid-19 .

"Sehingga mengurangi beban rumah sakit dan betul-betul merawat yang gejala berat dan kritis. Sehingga pembukaan hotel masih dibutuhkan untuk menampung yang sudah dinyatakan sembuh dari gejala," jelasnya.



Ketua Tim Konsultan COVID-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin memamparkan bahwa, secara global untuk di kawasan Eropa sudah masuk serangan gelombang kedua dengan varian baru. Di kawasan Asia, varian lama telah menurun, tetapi di Indonesia masih mengalami peningkatan.

"Kawasan Asia masuk gelombang pertama menurun, tetapi Indonesia masih mengalami peningkatan," ujarnya.

Ia menambahkan, positivity rate Covid-19 Indonesia berada di angka 20 persen. Sementara Sulsel di angka 15-17 persen.

Ia menyebutkan bahwa program Duta Covid-19 memberikan kontribusi dalam mengurangi jumlah orang dirawat di rumah sakit sekaligus menekan jumlah kematian pasien Covid-19 . Adapun angka tertinggi kematian pasien Covid-19 di Sulsel 2,5 persen.

"Pada saat provinsi lain kematiannya 7 persen. Sulsel 1,9 persen. Jadi luar biasa kontribusi Duta Covid-19 terhadap menekan pasien masuk ke rumah sakit . Jadi yang masuk ke rumah sakit memang adalah yang bergejala berat dan kritis," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3033 seconds (0.1#10.140)