Lima Objek Wisata Paling Populer dan Unik di Jawa Barat

Senin, 28 Desember 2020 - 06:37 WIB
loading...
A A A
Sedangkan di sebelah selatan dibatasi sawah-sawah penduduk dan di sebelah utara dan timur dibatasi oleh sungai Ciwulan yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray di daerah Garut. Dengan luas sekitar satu setengah hektare, sebagian besar lahan Kampung Naga digunakan untuk perumahan, pekarangan, kolam dan selebihnya untuk sawah yang dipanen satu tahun dua kali.

Lima Objek Wisata Paling Populer dan Unik di Jawa Barat


5. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan objek wisata unik lainnya di Jabar. Candi ini terletak di puncak bukit kecil di pulau yang dinamakan Pulo Panjang yang dikelilingi oleh Situ (danau) Cangkuang. Berdampingan dengan Candi Cangkuang di kawasan Pulo Panjang, hingga kini masih terdapat pemukiman masyarakat adat Pulo.

Untuk mengunjungi candi yang diperkirakan dibangun pada abad 8 masehi dan merupakan peninggalan budaya Hindu di Jabar ini, wisatawan dapat menggunakan jasa penyebrangan rakit sambil menikmati panorama alam sekitar yang indah dan menawan.

(Baca juga: Takut Dirazia Usai Berhubungan Seks, Wanita Setengah Telanjang Nekat Loncat dari Lantai 4 Hotel )

Meskipun peninggalan budaya Hindu, namun menariknya, di sekitar candi banyak ditemukan peninggalan Islam di Jabar, di antaranya adanya makam Eyang Embah Dalem Arief Muhammad yang merupakan salah satu penyebar Islam di Jabar. Makan tersebut terletak persis di pinggir candi.

Meski area Candi Cangkuang dikelilingi danau, namun wisatawan tak perlu kesulitan soal akomodasi. Berbagai sarana tersedia di sekitar candi bahkan hingga tempat belanja oleh-oleh yang cukup lengkap.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)