Pj Wali Kota Makassar Teken SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi

Selasa, 01 Desember 2020 - 13:44 WIB
loading...
A A A
Adapun lima kabupaten/kota yang dipilih untuk membentuk TP2DD sebagai tahap awal karena telah memenuhi indeks elektronifikasi yang dipetakan oleh Bank Indonesia . Di mana lima kabupaten/kota tersebut merupakan daerah dengan tingkat transaksi elektronik tertinggi di Sulsel dibandingkan dengan kabupaten lainnya.

Dua kota yaitu Makassar dan Parepare telah memasuki tahapan ketiga dari tiga tahap indeks elektronifikasi, yaitu ekspansi dalam penerapan transaksi elektronik. Tahapan tersebut terdiri atas perluasan kanal pembayaran melalui fintech/e-commerce yang mencakup transaksi pendapatan dan belanja pemda.



Sedangkan kabupaten dan kota lainnya masih berada di tahap kedua, yaitu transformasi. Tahapan tersebut terdiri atas penerapan SP2D secara online, CMS, EDC/Internet-SMS-Mobile banking, serta transaksi pendapatan dan transaksi belanja.

"Oleh karena itu, dengan dibentuknya TP2DD tersebut diharapkan dapat membawa seluruh di pemerintah daerah baik di level provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat memasuki tahap 3, yaitu ekspansi dalam waktu singkat," pungkas Bambang.

Pj Wali Kota Makassar , Rudy Djamaluddin menjelaskan percepatan dan perluasan digitalisasi adalah suatu keharusan bagi Makassar sebagai kota metropolitan menuju kota pariwisata dan investasi. Harapannya, TP2DD Makassar nantinya semakin memperkuat sinergi untuk mendorong digitalisasi di Kota Makassar.

"Kita harapkan ke depan tidak ada lagi uang cash kalau perlu di Makassar beredar, kalau bisa semua digital," tegas Rudy.



Dia juga berharap, hadirnya TP2DD di Kota Makassar nantinya bisa menghasilkan ide dan gagasan untuk mendorong Kota Makassar menerapkan digitalisasi di semua sistem yang ada, baik di pelayanan, perpajakan, hingga administrasi pemerintahan.

"Tentu tim percepatan ini, namanya juga tim percepatan, tentu kita harap tim ini bisa merumuskan gagasan-gagasan/ide-ide inovasi yang bisa mengantarkan Makassar ini menjadi tahap demi tahap dan sistematis menuju sistem digitalisasi di semua sistem, baik sistem pelayanan, sistem perpajakan, sistem pembayaran dan termasuk administrasi pemerintahan," pungkas Rudy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)