Mulai Distribusi Surat Suara, KPU Sulut Dahulukan Daerah Kepulauan

Minggu, 15 November 2020 - 17:38 WIB
loading...
Mulai Distribusi Surat Suara, KPU Sulut Dahulukan Daerah Kepulauan
Kapolda Sulut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dan anggota, serta Bawaslu Sulut, saat proses distribusa surat suara perdana, Minggu (15/11/2020). Foto: SINDONews/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut. Penyelenggara pemilu pun mendahalukan wilayah kepuluan.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan, kesempatan distribusi perdana ini dimulai dengan Kabupaten Kepulauan Sitaro.“Kita memang menyusun prioritas daerah yang kita dahulukan, apalagi memasuki keadaan cuaca tidak menentu di bulan-bulan ini kondisi geografisnya di daerah kepulauan itu lebih sulit,” katanya, Minggu (15/11/2020). (Baca Juga: Debat Sesi II, Olly-Steven Secara Gemilang Paparkan Capaian Sulut Hebat)

Pihaknya pun menargetkan sejak awal wilayah kepulauan itu didahulukan dan itu sudah dilakukan. “Kita memang serius mendistribusikan logistik pemilihan, terutama logistik surat suara tepat waktu,” ujarnya.

Gelombang pertama didahulukan kepulauan, gelombang kedua nanti untuk 12 kabupaten/kota yang ada di wilayah daratan (21/11/2020), nanti surat suara sudah ada di Manado dan seterusnya diteruskan ke kabupaten/kota.“Kita targetkan 22 November 2020 surat suara itu sudah ada di kabupaten/kota. Sejauh ini masih dengan tahapan dan waktu yang kita susun,” tutur Ardiles. (Baca Juga: Calon Gubernur Cantik Ini Tutup Pendaftaran Pilkada Sulut)

Di tempat yang sama, Kapolda Sulut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, pihaknya menjamin proses pendistribusian surat suara itu aman mulai dari provinsi ke kabupaten/kota. “Untuk itu, setiap kali proses pengiriman mulai dari percetakan sampai degan mengirim ke kabupaten/kota dilakukan pengamanan dan pengawalan dari pihak kepolisian. Itu mekanisme yang sudah dibuat dan disepakati bersama,” katanya.

Diketahui, pencetakan surat suara dilakukan oleh PT Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur, sebagai penyedia. Perusahaan jasa ini juga menjadi penyedia yang mencetak surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di Sulut. (Baca Juga: KPU Sulut Mulai Cetak 1.880.495 Lembar Surat Suara Pilgub)

Dalam distribusa perdana itu, turut hadi Kapolda Sulut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan jajaran, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti dan jajaran, Bawaslu Sulut, KPU dan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)