Di Tengah Pandemi COVID-19, Anak Bangsa Lahirkan Cairan Pembersih

Minggu, 15 November 2020 - 17:24 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi COVID-19, Anak Bangsa Lahirkan Cairan Pembersih
Varian Jumbo Auto Care diperlihatkan saat peluncuran di Surabaya. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 memang melumpuhkan berbagai sektor bisnis di Indonesia. Namun di balik krisis berkepanjangan ini, justru memicu anak-anak bangsa untuk bangkit dan melahirkan karya-karya yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

Salah satunya yakni lahirnya produk Jumbo Auto Care. Produk berupa cairan ini berfungsi untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel baik dipermukaan maupun didalam mesin mobil dan motor. (Baca juga: Terjepit Bodi Mobil, Sopir yang Ditabrak KA Penataran Blitar-Surabaya Tewas )

Ada lima varian produk yang berhasil dilahirkan, diantaranya Jumbo Polish Liquid yang berfungsi sebagai pengkilap permukaan, Jumbo Heavy Duty Degreaser sebagai pembersih kotoran dan kerak dan Jumbo Water Spot Remover untuk pembersih jamur kaca mobil. Kemudian Jumbo Rust Remover berfungsi untuk memusnahkan karat di permukaan mesin motor dan Jumbo Auto Wash yang merupakan formula shampoo mobil dan motor.

CEO PT Delta Anugerah Biokimia Nusantara, Bambang Haryono, mengatakan seluruh produk tersebut dipastikan ramah lingkungan, tidak ada limbah sisa produksi. Bahan baku sendiri berasal dari dalam negeri dan diproduksi oleh anak-anak bangsa sendiri.

"Produk ini bahan baku 90 persen dari air yang sudah diproses. Adiptif campurannya itu mengacu sebagian besar dari bahan organik yaitu CPO kepala sawit. Jadi ini kita proses, hasil penelitian kita cukup lama sehingga ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan ritel,"katanya saat peluncuran di Surabaya. (Baca juga: Belasan Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang, 2 Mobil dan 1 Motor Rusak Parah )

Hadirnya Jumbo Auto Care, kata dia, menjadi solusi bagi pengusaha bengkel atau masyarakat ditengah mahalnya produk serupa dari luar negeri. Dengan mutu yang sama, produk diklaim lebih murah karena berasal dari dalam negeri sendiri. "Jadi semua bengkel yang mau membuka motor pasti ketemunya karat, kotor dan ketemunya tiak bersih. Ini kuncinya," tegasnya.



Direktur Operasional PT Delta Anugerah Bio Kimia Nusantara, Esti Nalurani menambahkan, produk yang diluncurkan merupakan hasil karya anak-anak bangsa dari ITB, IPB dan ITS. Dipastikan, lima varian produk tidak mengandung alkohol.

"Kami cukup bangga dengan peluncuran produk ini. Karena kita membuktikan pada masa pandemi ini masih tetap bisa berkarya," ujarnya. Bahkan, lanjutnya, hasta karya anak bangsa dari bahan-bahan Indonesia asli itu menghasilkan produk yang tidak kalah bagusnya dengan bahan-bahan dari luar negeri.

Esti berharap, dengan diluncurkannya Jumbo Auto Care bisa menggerakkan kembali roda perekonomian bangsa yang terpuruk akibat pandemi COVID-19 . Untuk itu, pihaknya tidak mematok harga yang tinggi.Jika dibandingkan dengan kompetitor produk impor, harganya bisa 4-5 kali lipat lebih murah.

"Kita ingin membangkitkan ekonomi. Sehingga soal harga sangat terjangkau karena ini juga produk dalam negeri, jadi sangat murah," tuturnya. (Baca juga: Status Siaga, Merapi Keluarkan 11 Kali Guguran Lava Pijar dan Suara Gemuruh )

Sedangkan untuk target penjualan, PT Delta Anugerah Bio Kimia Nusantara tidak mematok target yang tinggi. Setiap agen kota hanya ditarget 10 botol per bulan, agen wilayah 1000 botol dan reseler 10. "Karena kita mau semunya bergerak bersama," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)