Jus Pala, Inovasi Bisnis UMKM saat Pandemi Covid-19 yang Kini Kian Berkembang

Senin, 05 Juni 2023 - 02:49 WIB
loading...
Jus Pala, Inovasi Bisnis UMKM saat Pandemi Covid-19 yang Kini Kian Berkembang
Elvi Pangemanan, warga Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, menjadikan buah pala sebagai minuman sirup dan jus. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MINAHASA UTARA - Saat pandemi Covid-19 menerjang, banyak masyarakat kelimpungan akibat situasi yang tidak menentu. Berbagai pembatasan sosial, membuat aktivitas ekonomi ikut terguncang, termasuk para pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.



Badai pandemi Covid-19 tersebut, ternyata juga melahirkan berbagai inovasi bisnis di kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa Utara, untuk dapat terus bertahan. Salah satunya, dilakukan Elvi Pangemanan, dengan membuat jus dan sirup berbahan dasar pala.



Buah pala, selama ini lebih banyak dikenal sebagai rempah bumbu dapur saja. Namun siapa sangka, di tangan wanita warga Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara tersebut, buah dengan aroma yang khas itu dapat diolah sebagai manisan, sirup, serta jus.



"Selain aromanya yang khas, buah pala mengandung berbagai nutrisi yang banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Contohnya, mengkonsumsi pala dapat meningkatkan kualitas tidur, hingga menjaga kesehatan jantung," ungkap Elvi.

Elvi memulai bisnis olahan buah pala pada awal pandemi Covid-19, tahun 2020 lalu. Karena aktivitas terbatas, Elvi memilih berhenti dari pekerjaannya yang sudah cukup mapan di Kota Manado, dan memilih pulang ke kampung halaman di Minahasa Utara.

"Awal pandemi Covid-19, karena semua dihentikan, saya dari Manado, mudik ke kampung halaman. Di desa kebetulan ayah saya mempunyai perkebunan pala. Karena waktu pandemi Covid-19 aktivitas terbatas, lebih bebas kalau kita ke kebun," kata Elvi.

Jus Pala, Inovasi Bisnis UMKM saat Pandemi Covid-19 yang Kini Kian Berkembang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)