Buka Jasa Endorse, Ridwan Kamil Mulai Garap Puluhan Merek Lokal di Pulau Jawa

Senin, 26 Oktober 2020 - 14:06 WIB
loading...
A A A
Ide tersebut akhirnya direspons positif para pelaku UMKM. Setelah melewati proses kruasi, kata Kang Emil, sedikitnya ada 22 merek lokal dari Jabar, Jateng, dan Jatim yang akan berkolaborasi.

"Makanya, saya tawarkan ke semuanya yang mau gak hanya di Jabar ternyata banyak. Next step kalau memang setuju saya dengan senang hati bantu, tiap brand yang sudah jadi saya ekspose. Biasanya apa yang saya posting heboh," katanya.

Kang Emil pun mengaku, sempat bertemu dengan para pelaku UMKM di sela kunjungannya ke Jateng, Sabtu (24/10/2020) lalu.

Ada sekitar delapan pemilik merek lokal yang diajak berdiskusi. Mereka pun memperkenalkan sejarah produknya hingga berkeluh kesah tentang penurunan omzet akibat pandemi.

Selain membahas soal rencana kerja sama, Kang Emil pun menawarkan bantuan permodalan untuk pemilik merek lokal yang kesulitan dalam sisi modal usaha.

"Saya punya Bank Bjb, kalau semua akses sudah mentok kita bisa manfaatkan kalau isunya di permodalan," katanya.

Sementara itu, Gally Rangga mengakui, upaya Kang Emil turut mempromosikan produk lokal berawal dari kunjungan Kang Emil ke tokonya sekaligus mempromosikan produk sepatunya. (Baca juga: 828 Personel Gabungan Dikerahkan Pada Libur Panjang Maulid Nabi di Cirebon)

"Awalnya sederhana, Pak RK (Ridwan Kamil) kebetulan memakai produk saya dan suka main ke store. Kita berbincang soal situasi pandemi. Nah, saya mengajak Pak RK untuk berkolaborasi, izin pakai nama beliau karena followers-nya berjuta-juta," tutur Gally.

Dengan semangat membangkitkan energi merek lokal, dia pun mencari pelaku UMKM yang punya kualitas baik dengan berkendara sepeda motor menjelajah Pulau Jawa. (Baca juga: Bawaslu Minta Kades Kampanyekan Lawan Politik Uang di Pilbup Bandung)

Tak sedikit produk lokal berkualitas yang dia temukan. Namun, setelah melewati proses kurasi, tersaring 22 merek lokal dari Jabar hingga Jatim yang akan berkolaborasi, di antaranta, Pijakbumi, Tesmak, Siegeleather, sweda.co, ruaya.co, Trooper Costum, harimausupply, dan beberapa merek lokal lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)