Buka Jasa Endorse, Ridwan Kamil Mulai Garap Puluhan Merek Lokal di Pulau Jawa

Senin, 26 Oktober 2020 - 14:06 WIB
loading...
Buka Jasa Endorse, Ridwan Kamil Mulai Garap Puluhan Merek Lokal di Pulau Jawa
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memperlihatkan salah satu produk lokal yang dia promosikan. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Setelah mengumumkan membuka jasa endorse bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) se-Indonesia secara cuma-cuma, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mulai menggarap puluhan merek lokal dari Jabar hingga Jawa Timur.

Sedikitnya 22 merek lokal dari Jabar, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bakal di-endorse Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Tidak hanya memberikan jasa endorsement, Kang Emil juga ikut berkolaborasi mendesain produk yang dipromosikannya itu.

Menurut Kang Emil, upaya tersebut dia lakukan untuk membantu meningkatkan bisnis di level UMKM yang anjlok selama pandemi COVID-19. Selain membantu dalam segi promosi, dia pun terjun langsung mendesain tiap produk.

Kang Emil bercerita, ide itu muncul saat dirinya mengunggah salah satu produk sepatu asal Bandung, Exodos57. Unggahannya itu ternyata berdampak terhadap penjualan produk.

"Sekitar dua bulan lalu saya didatangi industri ekonomi kreatif yang menyatakan gara-gara COVID-19 industri kreatif turun. Saya bertemu mas Gally, warga Jabar keturunan Palu. Saya pakai produknya viral. Gara-gara itu, statistik medsos punya nilai ekonomi," ungkap Kang Emil, Senin (26/10/2020).

Berdasarkan pengalaman tersebut, lanjut Kang Emil, Gally Rangga, pemilik brand Exodos57 dan Geer Company memintanya turut serta mempromosikan merek lokal lainnya sebagai upaya untuk mendongkrak roda ekonomi para pelaku UMKM.

"Saya itu menyambut gagasan Gally bahwa selama (pandemi) COVID-19 kita perlu kebersamaan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Kebetulan, saya punya dua hal, background desain dan follower sosial media," katanya.

Namun, Kang Emil mengaku tak ingin sekadar menjadi endorser. Dia pun ingin terjun langsung mendesain, agar tiap produk punya identitas yang kuat.

"Kalau saya cuma megang (mempromosikan) kurang sreg karena gak ada keterlibataan. Supaya ada memori, izinkan saya berpartisipasi. Jadi ada edisi khusus Ridwan Kamil, semua manfaatnya silakan ambil semua," jelasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1706 seconds (10.55#12.26)