Penanganan COVID-19 Membaik, Bantuan untuk Kesejahteraan Rakyat Terus Ditingkatkan

Senin, 12 Oktober 2020 - 23:30 WIB
loading...
Penanganan COVID-19 Membaik, Bantuan untuk Kesejahteraan Rakyat Terus Ditingkatkan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara KAGAMA Inkubasi Bisnis (KIB) ke XV, bertajuk Pemulihan Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi, yang digelar secara daring.Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Upaya pemerintah dalam penanganan Corona (COVID-19), sejauh ini berlangsung membaik. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, secara global tingkat kesembuhan dari COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 76,45 persen.

(Baca juga: KKSB Serang Bandara Bilorai, TNI Temukan 1 Pucuk Senjata Api)

“Angka ini sudah berada di atas standard kesembuhan COVID-19 secara global, yaitu 75,15 persen. Sedangkan persentase kematian di awal hanya 9 persen, sekarang sudah turun ke 3,58 persen,” ujarnya dalam acara KAGAMA Inkubasi Bisnis (KIB) ke-XV bertajuk Pemulihan Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi yang digelar secara daring.

(Baca juga: RSUD Provinsi NTB Benarkan Bupati Dompu Bambang M Yasin Dirawat karena Terpapar COVID-19)

Meskipun pertumbuhan ekonomi masih turun di angka -5,32 persen. Namun, dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, kontraksi ekonomi di Indonesia masih terbilang baik.

Terkait tingkat kematian di masa pandemi, mengutip data Our World in Data 2020, Indonesia berada di bawah empat negara yakni, Tiongkok, Taiwan, Korea Selatan dan Lithuania. Negara-negara lain tingkat kematiannya lebih tinggi dan ekonominya lebih terdampak.

Pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saat ini sedang fokus pada penanganan kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha, UMKM, sektoral dan Pemda, serta pembiayaan koperasi, dengan dana sebesar Rp 695 Triliun.

Melansir data dari Kemenkeu 2020, Airlangga menerangkan, realisasi anggaran untuk PEN sudah sebesar 47 persen dari pagu. Untuk serapannya, dari bulan ke bulan semakin meningkat, per 7 Oktober 2020 realisasi dana sebesar Rp 331 Triliun.

Kemudian capaian per klasternya, untuk klaster kesehatan sudah mencapai Rp 25 Triliun, perlindungan sosial sebesar Rp 150 Triliun, sektoral dan Pemda sebesar Rp27,57 triliun, dukungan UMKM sebesar Rp 90,42 triliun, dan insentif usaha sebesar Rp 28,32 triliun. Sampai di akhir tahun, Airlangga berharap seluruh anggaran PEN bisa terserap 100 persen.

Airlangga memaparkan capaian program PEN terbaru. Ada dua program di antaranya realisasi penyaluran BPUM atau Banpres produktif. Dari program ini telah dilakukan penyaluran bantuan kepada 9,1 juta pelaku usaha mikro dari target 12 juta UMKM
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)