Protes Pemerintah, Dalang di Boyolali Pentas di Atap Rumah

Minggu, 11 Oktober 2020 - 17:47 WIB
loading...
Protes Pemerintah, Dalang di Boyolali Pentas di Atap Rumah
Dalang wayang kulit di Kabupaten Boyolali, Jateng, Ki Gondho Wartoyo menggelar pentas di atas genting untuk mengkritik kebijakan pemerintah. Foto/iNews TV/Tata Rahmanta
A A A
BOYOLALI - Aksi nyleneh dilakukan Ki Gondho Wartoyo. Seniman wayang kulit ini, menggelar pentas di atas genting rumahnya di Kabupaten Boyolali, Jateng, sebagai bentuk protes terhadap pemerintah.

(Baca juga: Jejak Bhatara Katong, Putra Brawijaya V Raja Terakhir Majapahit )

Pentas yang digelar di tengah terik matahari yang menyengat atap rumah sang dalang di Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali tersebut, lengkap dengan pemain gamelan dan sinden cantiknya.

Bukan tanpa alasan Ki Gondho Wartoyo menggelar pentas wayang kulit di bawah sengatan matahari tersebut. Pentas selama satu jam dengan lakon Prabu Mboten Gadah Arto tersebut, menceritakan negara yang miskin dan raja yang tidak memiliki uang.

" Pentas ini sengaja saya lakukan sebagai bentuk aksi protes, karena selama pandemi COVID-19, para pelaku seni khususnya seni tradisional tidak bisa mencari nafkah," ujar Ki Gondho Wartoyo.

Protes Pemerintah, Dalang di Boyolali Pentas di Atap Rumah


(Baca juga: Janda Bolong Bisa Bantu Gerakkan Ekonomi Saat Pandemi COVID-19 )

Pentas wayang kulit di atas genting, menurutnya sebagai simbol kritikan bahwa seni tradisional mati suri ditinggalkan penonton akibat larangan membuat kegiatan yang mengundang kerumunan orang.

"Melalui pentas di atas genting ini, kami mohon pemerintah memiliki kebijakan yang juga memihak kepada para seniman tradisional. Jika tidak boleh pentas , kami harapkan juga ada solusi agar seniman tetap bisa mencari nafkah," tuturnya.

(Baca juga: Wanita Cantik Sembunyikan Sabu Dalam Bra Ditangkap di Hang Nadim )

Salah satu warga yang menyaksikan pentas nyleneh tersebut, Tri Lestari mengaku mendapatkan hiburan tersendiri. "Meski tidak terlihat jelas, namun warga tetap bisa melihat pentas nya dari bawah," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)