Jabat Ketua PN Surabaya, Joni Berencana Maksimalkan SIPP

Senin, 04 Mei 2020 - 16:01 WIB
loading...
Jabat Ketua PN Surabaya, Joni Berencana Maksimalkan SIPP
Ketua PN Surabaya Dr Joni SH, MH usai dilantik di Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Dr Joni SH, MH resmi menjabat sebagai ketua Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, menggantikan Nursyam SH, Mhum. Joni sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Selatan. Sedangkan Nursyam yang sudah dua tahun itu menjabat ketua PN Surabaya, dipromosikan sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Medan.

“Langkah awal yang akan saya lakukan adalah melakukan konsolidasi dan memetakan kelebihan serta kekurangan manajemen PN Surabaya dengan pihak internal. Dari segi administrasi, kita akan memaksimalkan fungsi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) yang kita miliki. Karena seperti yang kita tahu, SIPP merupakan pintu gerbang penilaian pengadilan,” ujarnya usai dilantik, Senin (4/5/2020).

Joni menargetkan PN Surabaya menduduki posisi tiga besar di seluruh Indonesia terkait kedisiplinan menejemen SIPP ini. Menurutnya, hal yang terpenting adalah meningkatkan prestasi PN Surabaya yang sebelumnya berhasil meraih predikat Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK). “Kita targetkan dalam waktu secepatnya dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” tambah Joni.

WBBM merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah sekurang-kurangnya eselon III yang menyelenggarakan fungsi pelayanan.

Terakhir, Joni juga menargetkan percepatan pengiriman berkas upaya hukum, baik itu tingkat banding, kasasi maupun Peninjauan Kembali (PK). “Ini dilakukan agar masyarakat pencari keadilan segera mendapatkan kepastian hukum secara prosedural atas langkah upaya hukum yang telah mereka lakukan,” terangnya.

Sementara itu, juru bicara PN Surabaya Martin Ginting mengatakan, promosi dan mutasi yang terjadi ini merupakan dalam rangkah penyegaran serta jenjang karir terhadap para pejabat tersebut. “Untuk posisi Wakil PN Surabaya, akan digantikan oleh Tumpal Sagala SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Pontianak,” ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)