Bulan Ini, China Uji Coba Mata Uang Digital

Minggu, 03 Mei 2020 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Sejatinya, platform pembayaran digital sudah beredar di China seperti Alipay milik Alibaba Group dan WeChat Pay dari Tencent. Namun mata uang digital ini resmi dikeluarkan oleh negara. Dan China menjadi negara pertama yang resmi mengeluarkan mata uang digital.

Profesor di Universitas Peking Xu Yuan menjelaskan penggunaan mata uang digital ini akan menguntungkan China, karena transaksi tunai bersifat offline dan data transaksi tidak dapat dimonitor secara real time oleh bank.

"Meskipun ada sedikit perubahan perilaku masyarakat, namun dari perspektif pengawasan bank sentral, (mata uang digital) ini sangat tepat sebagai masa depan untuk keuangan, pembayaran, tata kelola bisnis dan sosial. Ini adalah hal terbesar yang pernah ada," katanya kepada China Daily.

Bank sentral China, People's Bank of China (PBOC) mengatakan pengembangan mata uang digital ini telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dan terus menunjukkan "kemajuan", baik desain dan keamanan.

Gubernur People's Bank of China, Yi Gang, mengatakan mata uang digital sebagai bentuk kedaulatan China dan juga alternatif pembiayaan selain dolar Amerika Serikat.

"Mata uang digital China ini sebagai bentuk kedaulatan dan salah satu cara untuk menghindari dampak dari gangguan atau sanksi dari negara lain," ujarnya tanpa menyebut nama negara seterunya.

Yi Gang menambahkan mata uang digital China ini juga dapat memfasilitasi dan berintegrasi ke dalam mata uang yang diperdagangkan secara global.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)