5 Prampok Nasabah Bank Lintas Provinsi Ditembak Polisi, 1 Tewas

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:32 WIB
loading...
5 Prampok Nasabah Bank Lintas Provinsi Ditembak Polisi, 1 Tewas
Ditreskrimsus Polda Sumut menembak lima komplotan perampok nasabah bank lintas provinsi, satu di antaranya terpaksa ditembak mati karena melawan, Jumat (29/8/2020). Foto/SINDOnews/Sartana Nasution
A A A
MEDAN - Seorang di antara lima komplotan perampok nasabah bank lintas provinsi, Tejar alias Tarjo warga Sumatera Selatan, terpaksa ditembak mati oleh anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimsus) Polda Sumut, Jumat (29/8/2020).

(Baca juga: Dwarapala Saksi Bisu Ketangguhan Desa Menjaga Arjuna )

Tejar terpaksa ditembak mati karena melakukan perlawanan dengan menyerang polisi saat dilakukan upaya penangkapan. Sedangkan, empat orang kawanan Tejar merupakan sepesialis perampok nasabah bank ditembak dibagian kakinya.

Adapun empat tersangka perampok yang ditembak dibagian kakinya, yakni Awaluddin alias Udin, Dodi Cotriko alias Dodi, Heriansyah alias Yansa, dan Suwarto alias Warto. Seluruhnya merupakan warga Sumatera Selatan, dan Bengkulu. Mereka diringkus Polda Sumut di Hotel Mutiara Kandis Provinsi Riau.

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin mengatakan, selama beraksi di Sumut, kelima tersangka pernah melakukan perampokan nasabah bank di Pematang Siantar, Simalungun, Tanah Karo, dan Labuhanbatu.

"Kawanan perampok ini juga terlibat kasus yang sama di beberapa provinsi, seperti di Sumatera Selatan dan Sumbar serta Propinsi Riau," kata Martuani Sormin, di RS Bhayangkara Medan, Jumat (29/8/2020). (Baca juga: Pengedar Jaringan Internasional Ditangkap Polisi Bawa 10 Kg Sabu )

Dia menjelaskan, kasus perampok an nasabah bank yang terakhir dilakukan komplotan ini terjadi di Siantar. "Korbannya merupakan nasabah bank karyawan swasta yang baru saja pulang mengambil uang dari salah satu bank," ungkapnya.

Jenderal polisi bintang dua ini menjelaskan, pasca mendapatkan laporan perampok an ini, pihaknya langsung membentuk tim khusus untuk melakukan penelusuran. Hingga akhirnya kelima pelaku dapat ditingkus di Hotel Mutiara Kandis, Provinsi Riau.

Selanjutnya, saat diinterogasi, para pelaku mengakui segala perbuatannya. Sedangkan pelaku atas nama Suwarto tidak ikut dalam aksi pencurian di Sumut, melainkan di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Namun saat dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya di wilayah Kota Pematang Siantar, kelima perampok melakukan perlawanan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur, dan menyebabkan seorang pelaku diantaranya tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6006 seconds (0.1#10.140)