Tribhuwana Tunggadewi, Ratu Majapahit Politikus Ulung yang Menyatukan Nusantara

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 08:04 WIB
loading...
A A A
Dengan bantuan Gajah Mada, Tribhuwana berhasil memperluas wilayah Majapahit, menaklukkan Bali dan berbagai kerajaan lainnya di nusantara, menjadikan Majapahit sebagai kerajaan besar yang makmur.

Pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi berakhir pada tahun 1350 setelah kematian ibunya, Gayatri Rajapatni. Ia mengundurkan diri dari takhta karena merasa hanya memerintah untuk mewakili sang ibu.

Takhta kerajaan kemudian diserahkan kepada putranya, Hayam Wuruk, yang saat itu baru berusia 16 tahun. Meski tidak lagi menjadi ratu, Tribhuwana tetap aktif dalam urusan kerajaan, menjadi Bhre Kahuripan dan anggota Bhattara Saptaprabhu.

Dimana sebuah dewan tetua yang memberikan nasihat kepada raja. Tidak ada catatan pasti tentang kapan Tribhuwana Tunggadewi meninggal, tetapi diketahui ia wafat setelah tahun 1371.

Sebagai penghormatan, Tribhuwana Tunggadewi didharmakan di Candi Pantarapura, yang terletak di Desa Panggih, Trowulan, Mojokerto.

Kisahnya menggambarkan seorang ratu yang bijaksana, tegas, dan visioner, yang melalui kepemimpinan dan kerja sama dengan Gajah Mada, berhasil mengantarkan Majapahit ke puncak kejayaan sebagai kerajaan besar di nusantara.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)