Kegarangan Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI I Nyoman Cantiasa Lawan Perusuh Bersenjata saat Tenangkan Ambon

Kamis, 01 Agustus 2024 - 06:49 WIB
loading...
A A A
Menjelang malam 21 Januari 2001, mereka menyerang lagi pos-pos dari berbagai arah. Dari hasil observasi, para perusuh menempati gedung-gedung kosong yang telah rusak dikoyak kerusuhan.

Aparat mengedepankan kegiatan pembinaan warga, belum menguasai teknik perang kota.

Tetapi, rapat tetap segera digelar Kosektor-1 dengan aparat setempat untuk menyerang perusuh di gedung-gedung kosong. Tanggal 22 Januari 2001, pukul 02.00 dini hari, Nyoman Cantiasa segera menghadap Panglima Kodam XVI Pattimura Mayor Jenderal M. Yasa.

Dilaporkan perkembangan situasi terakhir karena perusuh semakin berani dan brutal. Ketika itu, Kodam sedang mendapat bantuan Batalyon Gabungan (Yon Gab) Kopassus-Paskhas-Marinir di bawah pimpinan perwira Kopassus Mayor Ricky Samuel.

Kosektor-1 segera mendapat bantuan satu kompi Yon Gab dengan unsur utama Kopassus dibantu Paskhas dan Marinir. Sasaran utama Hotel Wijaya II yang menjadi sarang perusuh dan sniper.



Batalyon Pemukul Sektor diperbantukan untuk mengamankan lingkaran luar hotel yang akan diserbu. Setelah Pangdam memberi lampu hijau untuk menyerang perusuh, pukul 05.00 WIT pasukan langsung bergerak ke arah Hotel Wijaya II.

Serangan pembukaan dilakukan dengan granat kejut dan rentetan tembakan. Dengan cepat pasukan masuk dan menyerbu ruangan demi ruangan. Ledakan granat kejut dan rentetan tembakan terdengar di mana-mana.

Sungguh pertempuran kota seperti pertempuran Stalingrad di Uni Soviet semasa Perang Dunia II. Pada saat bersamaan, patroli Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ambon berpatroli memblokir laut mencegah kaburnya perusuh atau datangnya bantuan dari laut.

Pembersihan hotel berlangsung hingga pukul 07.00. Aparat bertekad menangkap mereka hidup-hidup. Beberapa mencoba lari tapi berhasil dikejar di sekitar hotel dan banyak juga yang menyerah tanpa syarat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)