Gunung Panderman Terbakar, Tim Gabungan Evakuasi Pendaki

Senin, 22 Juli 2019 - 09:43 WIB
Gunung Panderman Terbakar, Tim Gabungan Evakuasi Pendaki
Gunung Panderman Terbakar, Tim Gabungan Evakuasi Pendaki
A A A
MALANG - Kebakaran hebat terjadi di hutan lindung Gunung Panderman , Malang, Jawa Timur, sejak Minggu malam. Sulitnya medan membuat petugas hanya bisa memantau dan baru akan melakukan tindakan pemadaman dengan cara bakar balik, siang ini (22/7/2019).

Tindakan pertama dilakukan petugas sejak Minggu malam adalah mengevakuasi pendaki yang berada di puncak gunung. Kebakaran Ada 3 titik api yang terpantau dari pos pantau kebakaran Gunung Panderman.

Dari total 165 hektare luas hutan lindung, sedikitnya 22 hektare terpantau terbakar. Kebakaran ini terlihat jelas dari Kota Malang.

Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah faktor alam karena musim kemarau. Karena titik api bukan pada jalur pendakian atau wisata.

Sejak terbakar Minggu malam, petugas belum bisa melakukan tindakan pemadaman. Kondisi tebing yang curam menyulitkan petugas melakukan pemadaman pada Minggu malam.
Gunung Panderman Terbakar, Tim Gabungan Evakuasi Pendaki

Padi Subowo, petugas Perhutani Pos Pantau Panderman mengatakan, rencananya pemadaman baru akan dilakukan tim gabungan, Perhutani, BPBD dan relawan siang ini dengan teknik membakar balik. Tindakan yang sudah dilakukan petugas sementara ini mengevakuasi pendaki yang terlanjur di puncak.

Sementara dua pendaki asal Mojokerto dievakuasi Minggu malam dari puncak. Para pendaki sedang tertidur dalam tenda dan tidak mengetahui adanya kebakaran.

Selama terjadi kebakaran hutan lindung, pendakian dan wisata di Gunung Panderman ditutup untuk sementara.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5832 seconds (0.1#10.140)