Kebakaran di Gunung Kawi Padam, BPBD Malang: 46 Hektare Hutan Lindung Hangus

Jum'at, 10 November 2023 - 15:04 WIB
loading...
Kebakaran di Gunung Kawi Padam, BPBD Malang: 46 Hektare Hutan Lindung Hangus
Petugas melakukan penanganan kebakaran di Gunung Kawi Malang. Foto/BPBD Malang
A A A
MALANG - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Gunung Kawi Malang akhirnya padam. Api berhasil dipadamkan pada Kamis (9/11/2023) petang usai tiga hari operasi pemadaman dilakukan oleh petugas gabungan.

"Sudah padam kemarin siang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Malang Sadono Irawan, dikonfirmasi pada Jumat siang (10/11/2023).

Sadono menuturkan, bila tiga hari sejak dilaporkan terbakar pada Selasa malam (7/11/2023) sudah ada 46 hektare luasan lahan hutan lindung di blok Batu Tulis, sisi Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, yang terbakar.

"Lahan yang terbakar mencapai kurang lebih 46 hektare. Vegetasi yang terbakar berupa cemara gunung, dan semak belukar, petugas berhasil memadamkan api, (di atas Gunung Kawi) belum ada hujan juga," ucap dia kembali.



Proses pemadaman api dilakukan dengan cara manual melalui jalur darat. Petugas gabungan dari BPBD, TNI Polri, Perhutani, relawan, dan masyarakat sekitar. Petugas memadamkan api dengan peralatan sederhana mulai cangkul, sekop, dan memukul-mukulkan titik api dengan ranting dan peralatan manual.

Hingga kini kata Sadono, penyebab kebakaran belum diketahui. Menurutnya, api pertama kali terlihat di petak 193 blok Batu Tulis.

"Untuk sumber api penyebab kebakaran masih belum diketahui. Yang jelas api sudah padam, saat ini dilakukan pemantauan oleh masyarakat sekitar Gunung Kawi," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran di Gunung Kawi dilaporkan muncul pada Selasa malam (7/11/2023) sekitar pukul 20.35 WIB. Titik api diketahui muncul di petak 193 Blok Batu Tulis, sisi timur yang masuk Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI Polri, dan relawan pun langsung bergerak dengan mengirimkan tim regu pertama pada Rabu dini hari (8/11/2023). Regu kedua pun dikirimkan pada Rabu siang (8/11/2023) sekitar pukul 11.45 WIB. Total ada puluhan personel yang telah dikerahkan ke lereng Gunung Kawi sisi Kabupaten Malang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)