Hari Keempat, Kebakaran Lahan di Gunung Arjuno Kian Meluas

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:53 WIB
loading...
Hari Keempat, Kebakaran Lahan di Gunung Arjuno Kian Meluas
Proses pemadaman kebakaran di kawasan Gunung Arjuno Welirang. Kebakaran ini diduga sengaja dilakukan oleh oknum pemburu liar. Foto/Ist
A A A
MALANG - Petugas gabungan masih kesulitan memadamkan api di kawasan Gunung Arjuno, yang masuk Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Bahkan beberapa titik api baru lagi bermunculan di hari keempat usai kemunculan titik api.

Dari informasi yang dihimpun, asap putih tebal yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terlihat di area Kebun Teh Lawang yang berada di Dusun Tegalrejo, Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, pada Rabu (30/8/2023).

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Tahura Raden Soerjo Ajat Sudrajat menyatakan, titik api masih belum sepenuhnya dipadamkan. Beberapa titik api yang mengarah ke Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, kembali menjalar ke Kabupaten Malang.



”Masih terus pemadaman, di Purwodadi masih terus berkembang, tapi kemudian ada juga yang mengarah kembali ke Malang saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman,” ucap Ajat Sudrajat kepada wartawan, Rabu (30/8/2023).

Jumlah titik api sudah tidak bisa lagi dihitung, sebab sebarannya kian meluas karena faktor cuaca kering ditambah tiupan hembusan angin. Ia menduga ada seseorang beraktivitas perburuan liar yang sengaja menyalakan api, sehingga api menjalar ke bagian lain.

”Ini kan yang mempercepat pergerakan api itu karena ilalangnya lebat, kemudian tertiup angin, ketika tersulut api, kena arus angin lalu menyebar ke mana-mana. Angin kencang itu memperparah penyebaran api,” terangnya.



Sementara proses pemadaman juga tak mudah, pihaknya mengerahkan ada 120 petugas Tahura Raden Soerjo dibantu masyarakat peduli api berjibaku di kawasan Gunung Arjuno mulai sisi Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan.

Pengerahan petugas yang banyak pun tak memudahkan proses pemadaman. Ketiadaan sumber air menjadikan pemadaman dilakukan dengan cara manual, yakni memukul-mukulkan ranting pohon ke sumber api dan membuat sekat, untuk mengantisipasi api meluas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)